Kita pastinya sering sekali mandi dalam sehari setidaknya 2 kali sehari, apalagi melihat cuaca di Indonesia jarang turun hujan membuat kita harus sering-sering mandi. Baik mandi pagi atau sore.

Dengan kita mandi bisa menghilangkan berbagai kotoran di tubuh yang bisa menyebabkan penyakit, bahkan mandi juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita. Tetapi, percaya atau tidak dengan kita seringnya mandi, juga bisa mendatangkan penyakit untuk kulit dan kesehatan kita. Kita bisa terkena penyakit yang tidak bisa disembuhkan.

Ada beberapa bahaya yang menimpa kita ketika kita mandi terlalu sering, simak ulasan dibawah ini.

Penyakit crohn

Dengan seringnya kita mandi akan melemahkan sistem imun tubuh kita sendiri dan berakhir dengan terkena penyakit. Salah satu penyakitnya adalah penyakit crohn. Penyakit crohn adalah gangguan sistem imun yang sebenarnya tidak diketahui penyebab pastinya. penyakit crohn akan membuat seluruh sistem pencernaan kita meradang, mulai dari bagian mulut hingga anus.

Infeksi kulit

Di dalam kulit kita terdapat mantel asam yang sangat halus dan tidak dapat terlihat oleh mata. Mantel asam ini memiliki kandungan yang ada dibawah kulit manusia yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari virus dan bakteri. Dengan seringnya mandi maka mantel asam ini akan mengalami pengurangan seakan-akan pellndung dalam tubuh kita semakin menipis sehingga tubuh mudah diserang oleh bakteri dan virus.

Alergi

Sama saja dengan infeksi pada kulit, alergi juga disebakan dengan mantel asam pada kulit menipis. Dengan penipisan mantel asam ini akan membuat udara kotor seperti debu, polusi dan beragam partikel kecil lainnya yang berada di udara akan menjadi pemicu infeksi, yang akhirnya memunculkan alergi pada kulit kita.

Kulit kering pecah-pecah

Dengan seringnya mandi akan membuat kulit kita menjadi lebih cepat kering pecah pecah dan menandakan bahwa kulit kita sedang tidak sehat. Kulit pecah juga akan menyebabkan mudah luka dan berdarah. Ketika kita sering mandi maka lapisan tipis minyak pada kulit akan menghilang. Sebum berperan menjadi kulit tetap lembap setiap saat dan menjadi pelindung kulit. Hilangnya lapisan tipis minyak makan kulit akan menjadi kering dan pecah-pecah. Sebum bisa diproduksi secara alami oleh kulit. Tetapi dengan sering mandi maka produksi sebum tidak bisa mengimbangi sebum yang menghilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here