Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang paling populer karena kaya akan manfaat sehat bagi tubuh seperti manfaat antioksidan, mencegah peradangan, menurunkan tekanan darah, hingga memacu produksi kolagen pada kulit. Nutrisi esensial yang tidak dapat diproduksi dan disimpan oleh tubuh, vitamin C disarankan untuk konsumsi setiap hari sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Orang dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi 65-90 miligram vitamin C per hari. Lebih dari itu, tak akan ada manfaat yang bisa didapat. Alih-alih memberikan manfaat, kelebihan konsumsi vitamin c malah menimbulkan berbagai efek samping seperti dibawah ini.

Masalah pencernaan

Berlebihannya vitamin C yang masuk ke dalam badan kita akan menyebabkan masalah pencernaan. Mengutip dari Healthline, timbulnya efek yang diberikan oleh vitamin C adalah berasal dari suplemen makanan. Ketika vitamin C di atas 2ribu milligram dalam sehari masuk ke dalam tubuh kita, seseorang bisa mengalami diare dan juga mual. Dan bisa jugamenyebabkan asam lambung.

Nutrisi tidak seimbang

Asupan vitamin C yang berlebihan dapat menganggu kemampuan tubuh ketika memproses nutrisi lain didalam tubuh. Misalkan seperti vitamin C dapat mengurangi kadar vitamin B-12 dan tembaga dalam tubuh. Vitamin C juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga jumlah vitamin C akan berlebih.

Kerusakan organ

Mengonsumsi vitamin C berlebih justru membuat meningkatkan masuknya zat zat besi ke dalam tubuh. Akibatnya, timbul kondisi hemokromatosis atau penumpukan zat besi yang menyebabkan organ tubuh.

Batu ginjal

Didalam tubuh manusia memiliki mekanisme disaat terlalu banyaknya masuk vitamin C. keluarnya vitamin C dari tubuh dalam bentuk oksalat alias produk limbah. Oksalat umumnya keluar bersama urine.

Risiko radang sendi

Mengutip Medical News Today, sebuah studi yang dilakukan oleh Arthritis Foundation menemukan, kelebihan vitamin C dapat meningkatkan risiko rheumatoid arthritis atau radang sendi.

Kerusakan genetic Sebuah penelitian melibatkan partisipan sehat yang diberi vitamin C setiap hari selama 6 minggu. Dalam dosis 500 mg setiap hari, kerusakan terlihat pada DNA yang dapat berujung pada penyakit mematikan seperti kanker. Hal ini tidak terlihat ketika dosis vitamin C hanya dibawah 500 mg. efek ini akan terlihat ketika mengkonsumsi vitamin C melalui suplemen bukan buah buaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here