Pola hidup sehat harus dilakukan sejak dini agar dapat terhindari dari berbagai serangan penyakit. Serangan penyakit yang datang akibat dari pola hidup kita yang buruk seperti diabetes, gagal ginjal, kanker maupun penyakit kardiovaskular seperti stroke, darah tinggi dan jantung. Sebaliknya, jika menerapkan pola hidup sehat nantinya akan memberi efek yang luar biasa dan terhindar dari penyakit.

Memiliki kesehatan tubuj yang baik maka kita pun menjadi lebih semangat menjalani hidup dan mulai untuk merencanakan hidup sehat dimulai dari sekarang.

Memang sulit untuk menjalani hidup sehat dan menghilangkan kebiasaan lama gaya hidup yang buruk. Tetapi lakukan secara bertahap, meningkatkan energi pada tubuh hingga meningkatkan kesehatan mental.

Ada beberapa langkah untuk menuju pola hidup sehat.

Memperhatikan cara diet

Ketika kita ingin memulai untuk gaya hidup sehat, maka kita harus mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Mencoba mengonsumsi makanan dengan sedikit karbohidrat, garam dan lemak tidak sehat. Menghindari junk food. Ketika di pagi hari bisa minum segelas jus dan buah setiap harinya dan mengonsumsi sayuran ketika kita sedang makan.

Mengapa kita harus mengonsumsi sayuran setiap hari? Karena sayuran dan buah-buahan mengandung banyak nutrisi seperti vitamin dan antioksidan yang membantu tubuh kita untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh kita dan juga melawan penyakit yang tumbuh serta menghilangkan racun. Selain itu, antioksidan juga membantu untuk mencegah penyakit mata, meningkatkan kesehatan kulit dan juga kesehatan bagi tubuh kita.

Menghindari stress

Macetnya kota Jakarta, deadline tugas, pekerjaan yang menumpuk, keuangan yang tidak mencukupi dan lain lain membuat hidup kita stress.

Pada saat stress, sistem didalam tubuh kita akan merespon dengan cara berbeda-beda. Stress yang bersifat kronis maka akan berdampak pada kesehatan badan kita.

Untuk itu, sebisa mungkin untuk mengurangi bahkan menghindari hal yang membuat kita stress.

Jika merasa stress, maka untuk berhenti sebentar apa yang sedang kita kerjakan. Jika merasa tertekan, coba untuk pergi sebentar keluar mencari udara segar. Menenangkan diri adalah hal yang terbaik ketika sedang stress. Lakukan hal ini berulang kali sampai merasa rileks. Mengambil napas secara dalam terbukti untuk menurunkan kadar kortisol yang dapat membantu mengurangi stress dan kecemasan.

Memperbanyak minum air putih

Air putih dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita seperti menutrisi, membersihkan racun dari dalam tubuh, meningkatkan fungsi otak, memberi energi pada otot, mengontrol kenaikan berat badan, dan menyeimbangkan suhu dan cairan tubuh.

Jika kita minim minum air putih, maka akan menurunkan cadangan dalam rubuh dan berisiko mengentalkan darah. Apabila darah dalam tubuh kita mengental, maka jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa. Oleh sebab itu dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas perhari.

Mengelola kesehatan mental

Ketika kita ingin menerapkan gaya hidup sehat tidak hanya dengan makan makanan bergizi. Tetapi kesehatan mental juga perlu diperhatikan karena mental merupakan fondasi kesehatan secara keseluruhan. Penting untuk mengelola pikiran dan perasaan setiap hari. Hidup dengan dikelilingi orang-orang yang memiliki positif juga membantu kita untuk semangat dalam hidup. Membiasakan diri kita untuk melihat sisi positif dari kehidupan. Ketika kita sedang di titik terendah dan di situasi buruk, meyakinkan diri kita bahwa dibalik ini semua masih ada sisi positif. Menghindari menaruh perasaan negatif terhadap diri sendiri dan juga orang lain. Hal itu hanya akan muncul ketidakbahagiaan dalam kehidupan sosial kita. Dan tidak lupa untuk tidur dalam sehari 7 hingga 9 jam sehari setiap malamnya.

Menyempatkan berolahraga setiap hari

Olahraga tidak hanya jogging atau pergi ke gym. Tetapi kita juga bisa bebas melakukan berbagai jenis olahraga yang kita sukai. Jika kita senang bersepeda atau ingin berenang maka lakukan itu. Atau suka jalan maka lakukan jalan santai. Intinya adalah buat tubuh kita untuk aktif setiap harinya.

Bagi yang bekerja, maka biasakan untuk naik tangga ketimbang untuk naik lift atau escalator. Bisa juga meluangkan waktu untuk berjalan-jalan atau sekedar untuk naik turun tangga sebelum dan sesudah makan siang.

Mengurangi gula mulai dari sekarang

Bagi kamu yang menyukai makanan manis seperti kue, permen, es krim maka untuk mengurangi bahkan menghindari berbagai makanan tersebut. Karena kandungan gula maka akan memicu penyakit diabetes. Jika sudah terkena penyakit diabetes, maka orang akan lebih rentan terkena penyakit kronis dikemudian hari. Beberapa di antaranya seperti penyakit jantung dan stroke.

Untuk itu, memulai secara perlahan-lahan. Seperti menghindari kebiasaan minum kopi dengan menggunakan gula dengan satu sendok gula. Jika sudah mulai terbiasa, maka minum kopi tanpa asupan gula. Minuman buah dengan kemasan, mencoba untuk mengurangi dengan mengganti makan buah segar. Kandungan gula didalam buah jauh lebih sehat ketimbang dengan buah dalam kemasan.

Tidak hanya gula, tetapi mengurangi alkohol dan rokok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here