Pastinya kita menjadi salah satu orang dari sekian banyak orang mengonsumsi junk food. Junk food sendiri merupakan makanan cepat saji mulai dari keripik kentang, burger, kentang goreng dan beberapa junk food yang sering kali kita konsumsi. Junk food yang mudah dalam penyajiannya semakin membuat kita sering mengonsumsi makanan ini. Tetapi junk food sendiri memiliki arti makanan dengan kadar nutrisi rendah dan memiliki kandungan kalori gula dan garam yang tinggi. Tentunya makanan dengan kalori yang tinggi tidak sehat dan berbaya bagi tubuh kita. Kandungan kalori di dalam junk food yang tinggi bisa memicu datangnya berbagai macam penyakit sehingga mengancam kesehatan tubuh kita.

Ada beberapa alasan mengapa junk food berbahaya bagi tubuh kita.

Memperlambat metabolism

Mengonsumsi junk food yang tinggi gula maka akan membuat metabolism melambat. Gula dalam junk food membuat kadar gula di dalam pembuluh darah akan menjadi tinggi. Kondisi kelebihan gula tersebut pada akhirnya di proses dan disimpan menjadi lemak. Semakin banyak lemak yang ada didalam tubuh, maka akan memicu penumpuk lemak terutama di bagian perut.

Menyebabkan depresi

Mengkonsumsi makanan dengan lemak tinggi dan gula maka akan mengubah aktivitas kimia otak dan akan menyebabkan ketidakmampuan untuk mengatasi stress, dan akan membuat kita semakin tertekan. Seringnya mengkonsumsi junk food akan membuat tubuh akan kehilangan nutrisi penting seperti tryptophan asam amino. Kekurangan asam amino dapat meningkatkan depresi.

Menyebabkan penyakit ginjal

Makanan cepat saji seperti keripik dan kentang goreng mengandung sejumlah besar garam yang diproses halus, yang meningkatkan sekresi enzim dan air liur yang meningkatkan keinginan kita untuk mengkonsumsi junk food.

Risiko kanker

Penelitian mengungkapkan bahwa terlalu banyak konsumsi makanan cepat saji tinggi gula dan lemak dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus besar. Studi lain juga menunjukkan bahwa pria yang makan gorengan lebih dari dua kali dalam sebulan memiliki peningkatan risiko kanker prostat.

Penyakit jantung

Konsumsi makanan cepat saji berlebihan akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Junk food menurunkan kolestrol baik HDL, serta meningkatkan tekanan darah dan kolestrol jahat LDL, yang memicu penyakit jantung.

Menyebabkan kerusakan hati

Penyebab seringnya makan makanan cepat saji adalah menyebabkan kerusakan hati. Makanan cepat saji mengandung kadar lemak trans yang tinggi disimpan sebagai lemak di hati, yang dapat menyebabkan penyakit hati berlemak dan disfungsi hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here