Beberapa varian diet diharapkan dapat menurunkan berat badan. Diet yang paling sering dilakukan adalah tidak mengkonsumsi karbohidrat seperti diet keto dan diet mayo yang hanya mengkonsumsi sayur dan juga beberapa sumber protein. Diet diatas cukup dirasa ampuh untuk menurunkan berat badan tetapi justru tanpa mengkonsumsi rendah karbohidrat dapat menimbulkan risiko kesehatan. Menurut penelitian yang dilakukan di Univeristas Kedokteran Lodz di Polandia menjelaskan bahwa diet tanpa karbohidrat akan membuat tubuh kehilangan protein yang dapat memperlambat metabolism yang membuat tubuh sulit membakar lemak dan dapat mengganggu kesehatan.

Karena itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengkonsumsi karbohidrat tanpa memberikan lemak lebih dalam tubuh.

Pertama, jika kita termasuk orang yang tidak bisa sarapan tanpa karbohidrat, untuk itu disarankan dengan mengkonsumsi karbohidrat berserat seperti alpukat, kentang, ubi kukus, yogurt, telur atau secangkir susu. Dengan asupan karbohidrat berserat ini dapat mengolah energi dengan bertahap dan tidak membuat melonjak drastic dan membuat kenyang lebih lama. Tidak seperti kita mengkonsumsi nasi atau bubur, membuat cepat kenyang  tetapi gula darah akan meningkat cepat. Dan jika tidak melakukan aktivas diluar rumah, akan meningkatkan risiko diabetes.  Menjaga kadar gula tidak hanya menghentikan penumpukan lemak, tetapi juga mencegah keinginan minum manis, mengantuk, lelah dan juga tingkat stress.

Bread with slices on white background
ilustrasi: freepik

Kedua, disaat kita makan siang biasanya kita akan memilih untuk makan sesuai dengan kemauan kita. Biasanya kita akan memilih nasi untuk yang kita konsumsi dan pilihan minuman-minuman manis juga akan mempengaruhi penumpukan lemak didalam tubuh kita. Apalagi ketika kita sehabis mengkonsumsi nasi dan minuman manis tidak melakukan aktivitas fisik. Karena jika tidak bergerak seusai mengkonsumsi karbohidrat berlebih, karbohidrat dan gula akan disimpan didalam otot dan hati sebagai glikogen. Tetapi jika kita hanya duduk sambil mengemil akan menyebabkan penumpukan pada lemak.

Composition of two hamburgers
ilustrasi: freepik

Ketiga, mengkonsumsi karbohidrat setelah jam 6 sore dapat menjadi masalah besar. Dan ini berlaku dengan orang-orang yang cenderung kurang aktif setelah pukul 6 sore. Kecuali ketika malam hari menggunakan waktu untuk berolahraga, maka makan karbohidrat sebelum berolahraga adalah hal yang tepat. Bila ingin menurunkan berat badan, dianjurkan untuk makan karbohidrat sebagai salah satu energi tetapi tidak lebih dari pukul 6 sore, karena membuat terhindar dari makan berlebih pada tengah malam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here