Disaat diet, pastinya adanya pantangan makan malam dan pastinya ogah untuk makan malam. Ada beberapa alasan salah satunya adalah naiknya berat badan.

Munculnya rasa lapar yang tidak tertahankan, maka akan memicu makan yang berlebihan. Sehingga ahli menyebut, bahwa cara ini bukanlah pilihan yang tepat.

Kita bisa tetap makan malam walaupun dalam keadaan diet, selama porsi, nutrisi dan menu makanan yang dipilih tak menyumbang banyak kalori.

Dibawah ini ada beberapa menu diet yang aman dikonsumsi pada saat makan malam.

Salad buah dan kacang-kacangan

Spinach, chicken & pomegranate salad
sumber: pexels

Sebagian besar orang kekurangan asupan serat karena hanya mengonsumsi sekitar 16 gram per hari. Padahal serat merupakan kandungan yang penting untuk kesehatan fungsi pencernaan. Serat juga membuat kita kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan makan makanan berlemak. Konsumsilah serat idela sekitar 25 gram sehari. Kebutuhan ini dapat terpenuhi dengan semangkuk buah yang dicampur dengan segenggam kacang.

Gandum utuh

Wheat Bread Slices
sumber: pexels

Gandum utuh seperti beras merah, roti gandum utuh, quinoa yang dapat membantu kita menurunkan berat badan. Gandum utuh tidak hanya kaya akan kandungan fiber tetapi juga serat akan magnesium, mineral yang berperan dalam mengatur metabolism lemak.

Salmon dan labu kuning kukus

Makanan yang paling tepat selanjutnya adalah salmon. Ikan salmon memiliki kandungan protein dengan lemak omega-3 dan memiliki nutrisi penting lainnya. Ikan salmon juga memiliki kalori yang rendah sehingga dapat dikonsumsi disaat kita diet.

Salmon juga membantu kita untuk mengontrol berat badan karena adanya peningkatan metabolism, mengurangi nafsu makan dan mengurangi lemak didalam perut. Untuk lebih kenyang, maka gunakan labu kuning sebagai pengganti nasi dan pasta. Labu kuning juga memiliki kalori yang rendah sehingga aman dikonsumsi pada saat diet.

Pasta dan jamur

Food Photography of Pasta
sumber: pexels

Dengan makan banyak pasta juga aman dikonsumsi ketika diet. Terutama bagi diet Mediterania yang memiliki berat badan, lingkar pinggang, serta lingkar pinggul yang lebih kecil berdasarkan dengan Penelitian di Italia.

Dada ayam

Cooked Chicken on White Plate
sumber: pexels

Dada ayam sangat aman bagi yang sedang menjalani diet. Kandungan kalori pada dada ayam di posri 3 ons dada ayam tanpa lemak mengandung 133 kalori dan 27 gram protein dikutip dari Live Strong. Menurut Harvard T.H Chan School of Public Health juga menyarankan untuk mengonsumsi dada ayam, buah-buahan, sayuram biji-bijian, lemak sehat dan sumber protein sehat untuk menjaga kestabilan berat badan.

Tahu dan tempe

Top View Photo Of Vegetables
sumber: pexels

Salah satu makanan aman dikonsumsi untuk diet pada malam hari adalah tahu dan tempe. Kedua makanan ini mengandung asupan protein dalam jumlah yang cukup . selain itu tahu dan tempe protein dapat ditemukan dalam keju, kedelai dan daging unggas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here