Pada saat bekerja sudah pasti sering kali merasakan jenuh atau bosan saat melakukan pekerjaan. Terutama bagi yang bekerja di kantoran, melakukan pekerjaan yang monoton setiap harinya yang kerap kali membuat kita jenuh.

Pekerjaan yang menumpuk yang harus diselesaikan dengan waktu yang ditentukan. Hal ini membuat kita tidak dapat berpikir jernih dalam menjalankan pekerjaan dan berakhir dengan rasa jenuh. Bekerja dengan jenuh dan bosan bukan menjadi alasan kita untuk resign dari kerjaan kita.  Jika kamu sudah merasa jenuh atau bosan saat kerja, maka ada hal yang harus dilakukan untuk mengusir kejenuhanmu.

Pertama, berkomunikasi secara langsung pada pokok permasalahannya akan melibatkan otak-otak yang terbatas. Sedangkan berkomunikasi dengan bercerita maka akan melibatkan lebih banyak bagian otak yang dapat membantu meningkatkan pemahaman.

Sebuah studi menemukan bahwa dengan kita mendengarkan cerita dengan adanya unsur konflik maka kita cenderung akan merespon dengan emosional. Karena hal tersebut akan melepas oksitosin yang membuat kita meyakini pesan dan juga moral apa yang disampaikan pada cerita tersebut.

Kedua, jika kita memiliki waktu luang dengan rekan kerja maka gunakan waktu mengobrol dengan rekan kerja. Berinteraksi dengan rekan kerja bukan hanya sekedar kita ingin menghilangkan rasa jenuh tetapi juga membuat kita lebih dekat dengan rekan kerja kita.

Ketiga, istirahat adalah cara yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa jenuh pada saat bekerja. Kita juga tidak harus menunggu waktu istirahat untuk melakukannya, tetapi juga bisa beristirahat di sela-sela waktu bekerja. Jika ingin beristirahat sementara, luangkan waktu sebanyak 5 menit agar kamu bisa kembali fokus pada pekerjaanmu.

Keempat, mencoba untuk berpikir positif dikala jenuh dalam pekerjaan kita. Seperti bersyukur atas pekerjaan yang kita kerjakan sekarang. Dengan selalu berpikir positif maka membantu kita untuk tetap semangat menjalani waktu dalam bekerja.

Kelima, dengan mendengarkan musik sambil bekerja. Musik dapat membantu kita untuk menghilangkan rasa jenuh dan stress akan pekerjaan kita. Kamu bisa mendengarkan dengan membawa headset dan dapat didengarkan pada saat bekerja. Pilih lagu-lagu favoritemu yang membuat kamu semangat ketika sedang melakukan pekerjaanmu.

Keenam, penelitian telah membuktikan bahwa ada pentingnya peran alam untuk meningkatkan fungsi otak agar bekerja dengan lebih optimal.  Penelitian yang dilakukan oleh University of Washington menunjukkan bahwa dengan adanya peningkatan fungsi kognitif dan kesehatan mental saat berinteraksi dengan alam. Ketika kita sulit menemukan ruang hijau di tempat kita bekerja, maka bisa menanamkan pot tanaman hijau di meja kerja. Walaupun kecil tetapi dapat membantu memberi ruang kepada otak untuk dapat bernapas.

Ketujuh, jika kita suka mengemil maka menyediakan camilan di meja kerja. Kita bisa membawa dari rumah dengan camilan-camilan sehat. Dengan begitu kamu akan lebih dapat fokus bekerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here