Salah satu aksesoris gadget yang sering digunakan selain chargeran, earphone menjadi salah satu barang penting digunakan oleh banyak orang. Earphone membantu kita mendengarkan music, radio ataupun podcast. Tetapi penggunaan earphone dengan jangka panjang akan menyebabkan masalah bagi telinga kita.

Pada saat kita memakai earphone berjam jam maka akan menyebabkan berkembang biaknya bakteri yang pada akhirnya pindah ke telinga. Hal ini berpotensi infeksi pada telinga kita.

Ada beberapa tips untuk mencegah terjadinya berbagai masalah telinga. Ini tipsnya.

Yang pertama adalah dengan membersihkan telinga secara rutin menjadi kewajiban kita ketika sering menggunakan earphone. Earphone dapat menghambat keluarnya kotoran telinga, sehingga dapat menumpuk dan memunculkan infeksi pada telinga. Cara membersihkannya adalah dengan penggunaan cotton buds atau waslap yang sudah dibasahi. Jangan mencoba mencoba memasukkan cotton bud karena akan mendorong kotoran ke yang lebih dalam. Lebih baik menggunakan baby oil atau obat tetes khusus untuk membersihkan telinga.

An overhead view of headphone attached with cellphone on yellow background
ilustrasi: freepik

Kedua adalah dengan membersihkan earphone juga secara rutin. Karena earphone menjadi sumber bakteri, maka harus rajin membersihkan earphone dengan mudah, yang pertama adalah dengan menyiapkan sikat gigi yang belum dipakai lalu menyiapkan alcohol, cotton bud. Kemudian cotton bud dicampurkan dengan alcohol dan menyikat bagian luar earphone. Kemudian sikat bagian area luar earohone dan kabel earphone. Untuk yang memakai earphone dengan silicon, pastikan silicon direndam dengan air sabun selama beberapa menit lalu keringkan dengan lap kering, jika ada bagian yang tidak boleh terkena air sikat menggunakan sikat gigi.

Ketiga, ketika kita sering meletakkan earphone sembarang atau sering meminjamkan earphone kita ke orang lain sebaiknya dihindari. Karena hal ini dapat mempermudah bakteri berkembang biak. Maka dari itu kita menggunakan earphone sebaik mungkin agar terhindar dari berkembangnya bakteri pada earphone kita.

Keempat, tidak hanya menjaga earphone agar jauh dari bakteri tetapi untuk tidak memakai earphone tidak berlebihan seperti volume yang tidak terlalu keras pada saat menggunakan earphone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here