Kamu terkadang tidak sadar bahwa pola makanmu belum tentu sehat, tetapi berpikir bahwa semua makan yang kamu konsumsi sudah sehat dan terhindar dari gula.

Tetapi, tidak hanya gula saja yang membawa penyakit beberapa kebiasaan yang menyebabkan penyakit pada tubuh kita seperti diabetes, darah tinggi. Jam makan yang tidak teratur, porsi kalori yang berlebihan atau setelah makan langsung tidur juga membawa penyakit.

Salah satu pola makan yang tidak sehat adalah minum-minuman tertentu yang tidak baik dikonsumsi setelah makan. Ada beberapa minuma yang mengandung zat-zat tertentu sehingga menimbulkan penyakit pada tubuh kita.

Mau tau? Simak beberapa minuman dibawah ini!

Teh

cup of tea
sumber: unsplash

Didalam teh mengandung asam fitat yang sifatnya bisa mengikat mineral di dalam makanan. Akibatnya, tubuh tidak bisa menyerap mineral dari makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Apalagi jika kita makan makanan sehat tetapi minum teh, sudah pastinya tubuh tidak bisa menyerap apa yang didapat dari makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Minuman bersoda

seven assorted-brand soda cans
sumber: unsplash

Gula dalam minuman bersoda juga akan menganggu sistem pencernaan pada tubuh kita sehingga pencernaan kita harus bekerja lebih ekstra untuk mencerna makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita. Kadar gula yang tinggi didalam minuman soda juga tidak baik untuk kesehatan.

Susu sapi

mason jar filled with smoothie
sumber: unsplash

Didalam susu sapi mengandung lemak dan kolestrol oleh karena itu, susu sapi sebaiknya dihindari ketika kita makan besar apalagi disaat makan malam. Apalagi jika kita mengonsumsi makanan yang mengandung lemak karena mengandung lemak berkali kali lipat.

Jus kemasan

Minuman berbentuk jus kemasan tidak baik dikonsumsi setelah makan karena jus kemasan ini mengandung kadar gula yang tinggi. Karena perut akan penuh dengan fruktosa dan sukrosa. Pencernaan sulit untuk memecahnya.

Sirup

Sirup mengandung pemanis dan gula. Kadar gula yang tinggi bisa berpotensi menyebabkan diabetes ketika dikonsumsi setelah makan.

Minuman berenergi

Minuman berenergi juga memiliki kandungan gula yang tinggi. Tidak disarankan untuk meminum ini setelah makan besar. Kandungan kafein dalam soda minuman berenergi juga lebih tinggi dari kopi maupun teh, sehingga bisa membuat kepala menjadi pusing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here