Antioksidan adalah suatu zat yang dihasilkan dari nutrisi dalam makanan. Antioksidan ini menangkal radikal bebas yang menyerang sel-sel dalam tubuh.

Sayur pastinya ada beberapa yang mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Beberapa sayuran dibawah yang mengandung antioksidan yang bagus untuk tubuh.

Wortel

brown and black wooden sticks
ilustrasi: unsplash

Sayuran bewarna oranye yang menjadi sering untuk bahan sop ini termasuk sayuran yang memiliki antioksidan yang tinggi. Dan wortel bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Ketika wortel dimasak, kadar antioksidan ini meningkat sebanyak 14 persen. Antikoksidan dan antiinflamasi pada wortel ini didapat dari senyawa polifenol, carotenoid, lutein glucosinolate dan tocopherol.

Bayam

green leafy vegetables
ilustrasi: spinach

Bayam salah satu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Bayam mengandung senyawa lutein yang berubah menjadi antioksidan. Manfaatnya adalah menjaga retina mata, degenerasi macula dan katarak.

Kubis Ungu

Sayuran ini salah satu yang memiliki kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan akan meningkat empat kali lipat setelah direbus. Antioksidan yang ada pada kubis ungu adalah antosianin. Antosianin ini yang memiliki mnafaat untuk mengurangi rasa sakit ketika sedang radang dan juga mengurangi resiko terhadap serangan jantung dan juga kanker.

Bok Choy

Sayuran Bok Choy yang sering kita temui dan disantap menjadi lalapan ternyata memiiki manfaat. Didalam sayuran bok choy kaya akan antioksidan. Selain itu, bok choy mengandung vitamin A, B dan juga kalsium yang tinggi. Didalam sayuran ini terdapat senyawa indole dan thiol yang akan membentuk antioksidan. Maka bok choy memiliki manfaat bagi kesehatan.

Tomat

top view of tomatoes
ilustrasi: tomato

Tomat memiliki kaya nutrisi ketika dimasak. Karena didalam tomat memiliki vitamin C dan likopen, dan likopen yang akan bertambah tinggi pada saat dimasak. Sebuah penelitian mengatakan bahwa tomat lebih bemanfaat dimasak dibandingkan dengan dimakan mentah. Unsur likopen inilah yang membantu menjaga kesehatan kulit, menurunkan resiko kanker, meningkatkan kesehatan jantung.

Brokoli

cooked food on plate
ilustasi: unsplash

Sayur brokoli juga memiliki manfaat karena memiliki nutrisi yang banyak. Brokoli merupakan sayuran yang dapat membuang racun dalam tubuh. Penelitian menemukan, brokoli mengandung karotenoid, polifenol, glucosinolat, lutein, tocopherol yang dapat menurunkan inflamasi tubuh sehingga dapat mampu menurunkan resiko kanker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here