Sepele Terhadap Kulit Pisang? Ternyata Ada Manfaatnya!

0
19

Ketika kita menganggap kulit pisang tidak ada manfaat dan sering kali kita buang ketika kita sudah selesai makan pisang, ternyata dibalik kulit pisang memiliki manfaat bagi tubuh.

Ternyata, kulit pisang telah lama diuji dan memiliki kandungan potassiumnya yang kaya untuk tubuh. Seorang ahli diet terkemuka menjelaskan bahwa kita juga harus mengkonsumsi kulit buah untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Dilansir dari NYPOST, Susie Burrel menjelaskan bahwa ketika kita memakan kulit pisang dapat membantu kita dalam meningkatkan kualitas tidur, kesehatan kulit dan membantu penurunan berat badan.

Dengan manfaat kulit pisang, untuk tubuh akan meningkatkan kandungan serat pada tubuh dengan sebanyak 10% pada kulit pisang. Selain dari kulit pisang, kita akan mendapatkan hamper 20% lebih banyka vitamin B6 dan juga vitamin C, serta meningkatkan asupan kalium dan magnesium.

Yellow Bananas
ilustrasi: pexels

Kita juga tidak diharuskan untuk memakan kulit pisang secara langsung dengan mentah-mentah. Burrel menyarankan kulit pisang dapat kita jadikan sebagai smoothie, campuran kue atau bisa kita jadikan kari untuk meningkatkan asupan gizi. Selain itu, Burrel mengungkapkan bahwa dengan memilih kulit pisang yang tepat akan memberikan nutrisi yang spesifik bagi tubuh.

“Pisang dengan warna kulit kuning cerah memiliki proporsi anti oksidan yang lebih tinggi. Sementara kulit pisang yang bewarna hijau memiliki kandungan asam amino tripofan yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur. selain untuk tubuh, Burrel menjelaskan bahwa kulit pisang memiliki kegunaan lainnya untuk kehidupan sehari-hari.

Salah satu contohnya adalah dengan memasak daging dengan penggunaan kulit pisang dapat membantu meningkatkan kadar air pada masakan dan juga memiliki fungsi sebagai campuran cuka. Dengan penelitian yang ada, kandungan potassium didalam buah dapat membantu pengerasan dan juga penyempitan pada buluh darah. Kita memakan pisang secara teratur juga membantu mencegah serangan jantung.

Walaupun sampai sekarang masih belum ada penelitian lebih lanjut mengenai kulit pisang, Burrel sudah mencoba dan terbukti khasiatnya.

Apa kalian ingin mencobanya sendiri? Pastikan dan buktikan bahwa kulit pisang ada manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here