Ketika kita sedang dihadapi rasa stress dan pada saat stress kita memilih untuk makan, itu termasuk dalam gangguan emosional dan disebut juga dengan stress eating atau emotional eating. Karena setiap orang memiliki cara untuk menghilangkan stress, salah satunya adalah makan pada saat stress. Tetapi efek dari itu sendiri malah buruk untuk kita, karena banyaknya kalori yang ada di dalam setiap suapan makan kita.

Untuk menghilangkan kebiasaan buruk kita makan pada stress, dibawah ini ada beberapa cara menghilangkan kebiasaan ini.

Tips #1

Makan pada saat stress umumnya aktivitas yang sugestikan otak kita secara tidak sadar. Tiba-tiba saja kamu sudah makan sudah masuk ke dalam mulut. Disaat kamu makan sesuatu, apa kamu merasa lapar? Atau kamu benar-benar butuh makanan? Kamu sebaiknya mempertimbangkan keputusanmu kamu makan pada saat kamu sedang keadaan stress.

Cheetos Baked chip bag lot
ilustrasi: unsplash

Tips #2

Tetapi dengan kamu sering berlatih nafas maka akan membantu kita untuk mengelola emosi dengan baik. Dengan kamu mengambil nafas, maka banyak oksigen yang masuk ke dalam otak, sehingga kita dapat berfikir lebih jernih dan kita akan mengambil keputusan yang tepat untuk tidak makan pada saat keadaan stress.

Tips #3

Tips selanjutnya adalah dengan memandangi warna merah. Karena warna merah biasanya mengisyaratkan sebuah larangan untuk berhenti sehingga ketika kita memandangi sesuatu yang berwarna merah maka akan memberikan sinyal kepada otak kita untuk berhenti.

variety of foods on top of gray table
ilustrasi: unsplash

Tips #4

Ketika kamu sedang stress dan mengambil langkah untuk mengyunah itu sebenarnya kamu sedang ditahap tidak benar-benar lapar. Karena disaat kamu sedang stress, tubuhmu akan memberikan “sinyal palsu” ketika kita makan. Maka dari itu, untuk mengurangi efek tersebut maka kita mencoba untuk banyak meminum air mineral atau bisa juga dengan jus buah tanpa penggunaan gula, teh atau minuman yang menyehatkan lainnya.

Tips #5

Ketika cara diatas belum terlalu ampuh, maka cara selanjutnya adalah dengan mengganti makananmu dengan makanan yang rendah kalori. Semua produk makanan yang kamu beli harus mengandung kalori yang rendah. Tidak hanya menghilangkan kebiasaan makan pada saat stress tetapi membantu tubuhmu agar lebih sehat dan juga penurunan berat badan.

macro shot of vegetable lot
mengganti makanan yang lebih sehat

Tips #6

Olahraga dengan rutin akan mempengaruhi produksi hormone pemicu. Dan olahraga juga membantu kita menurunkan resiko depresi, kecemasan dan insomnia. Dan olahraga juga membantu kita untuk mengurangi kebiasaan kita makan pada saat stress.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here