Kemajuan teknologi memudahkan segalanya. Termasuk disaat sedang berpergian menuju lokasi yang sama sekali belum pernah kita kunjungi. Tidak usah takut lagi untuk tersesat karena sekarang ini dimudahkan dengan mencari jalan dengan cepat dipandu dengan rute yang mudah di akses.

Dengan adanya aplikasi Google Maps, memudahkan kita untuk mencari rute disaat berpergian jauh ke daerah yang kita belum pernah didatangi.

Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk perjalanan sehari-hari, Google Maps bisa digunakan menjadi senjata yang ampuh. Kita bisa terhindar dari stress karena lalu lintas yang padat dan tidak bisa menemukan rute berkendara disaat macet.

Beberapa orang mungkin tahu jikalau kita dapat menyimpan alamat kantor di Google Maps, bahkan kita juga bisa mendapatkan informasi mengenai tempat, restaurant, tempat ibadah hingga penginapan yang berada disana yang bisa dimanfaatkan. Sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui fitur-fitur lain yang ada di dalam Google Maps. Sehingga jarang sekali Google Maps dimanfaatkan secara maksimal untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Lalu fitur apa saja yang ada di Google Maps selain pencari rute? Simak dibawah ini yang diambil dari berbagai sumber.

Menyimpan tempat yang ingin dikunjungi

Bagi kita yang menyukai traveling, salah satu fitur ini sangat membantu kita. Ketika kita ingin berlibur ke negara atau tempat yang belum pernah kita kunjungi, kita dapat menyimpan tempat-tempat menarik tersebut yang dapat kita kunjungi. Misalnya kamu ingin mencari tempat penginapan dan restoran yang direkomendasikan oleh temanmu. Kamu bisa memilih tempat yang ingin disimpan, lalu memilih tempat yang ingin kamu kunjungi dan disimpan dan meletakkan di daftar. Pengguna dapat juga menambah daftar baru atau menambahkan daftar lama yang sudah pernah dibuat.

Google Maps offline

Google Maps bisa digunakan tanpa mengakses internet. Tetapi untuk menggunakan ini kita terlebih dahulu harus mengunduh area tertentu di google maps. Dan koneksi harus tersambung dengan internet sebelum kita mendownload area yang kita tuju. Caranya adalah dengan membuka menu pojok kiri atas, pilih offline maps. Setelah itu memilih area peta yang kita ingin unduh, selanjutnya pilih download. Atur lokasi tujuan dan gunakan Google Maps secara offline.

Tempat Parkir

Memarkirkan kendaraan juga terkadang dapat menghabiskan waktu dikarenakan kita harus mencari tempat mana yang kosong untuk marker mobil kita. Ketika sedang menonton konser, ke acara-acara yang ramai pengunjung yang pastinya akan menyusahkan kita mencari parkiran. Google Maps akan membantu kita untuk mengarahkan dan menemukan tempat parkir yang ada. Untuk memakai fitur ini adalah pertama kali adalah untuk ketik lokasi yang sekarang kita berada, kemudian kita akan menemukan ikon P, dan akan mendapatkan info waktu yang di tempuh untuk mencapai lokasi tersebut. Pastikan untuk mengetuk ikon P sebelum tiba disana untuk mengetahuin jika P bewarna merah, maka parkir disana sudah penuh.

Navigasi dalam gedung atau mal

Aplikasi ini tidak hanya membantu kita untuk memudahkan mencari jalan dan menjadi petunjuk arah, tetapu bisa digunakan menjadi petunjuk arah ketika kita sedang berada di in door seperti museum, mal, bandara.

Label pada tiap lokasi

Kita juga bisa menambahkan label pada tiap-tiap lokasi. Dengan mengetuk ikon star, maka secara otomatis kita bisa menyimpan di My Places. Dengan fitur ini kita bisa menambahkan label ke tempat-tempat yang telah terdaftar di Google Maps. Seperti kita sedang pergi ke suatu kantor instansi dan ingin mengingat tempatnya, maka kita bisa memberi tanda star pada kantor instansi tersebut. Nanti nama kantor instansi tersebut akan muncul di bawah menu Your Places.

Dapat melihat keramaian jalan

Dengan aplikasi ini kita dapat mengetahui keramaian jalan sehingga kita dapat mengindari jalanan yang macet parah dan jalan mana yang tidak macet. Caranya pertama kali ada dengan memencet symbol ketupat pada aplikasi Google Maps ini. Di aplikasi ini ada tiga pilihan yang dapat diaktifkan. Pertama Jenis Peta, Detail Peta dan Jelajah. Untuk melihat keramaian jalan, kita bisa memilih Lalu Lintas yang berada dibagian Detail Peta. Nantinya akan terlihat peta jalanan dengan warna sesuai dengan tingkat kemacetan.

Menambhakn pin stop

Aplikasi Google Maps bisa digunakan untuk mencari pom bensin terdekat ketika bahan bakar mobil kita sudah menipis. Dengan klik tomblo search lokasi pom bensin dan menambahkan pin stop di sana. Untuk melakukan hal tersebut, kita dapat menekan tiga titik di kanan atas lalu Add Stop.

Kalibrasi kompas pada ponsel.

Pastinya kita pernah merasakan tersesat dengan menggunakan Google Maps. Biasanya ini terjadi karena ada kesalahan dari Google Maps dan kompas bawaan dari ponsel kita yang sedang bermasalah. Untuk mengatasinya adalah dengan kalibrasi kompas. Caranya adalah dengan menggerak gerakan ponsel dengan angka 8 di Google Maps hingga beberapa kali. Cara ini efektif untuk memperbaiki akurasi kompas.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here