6 Kebiasaan Yang Menganggu Pencernaan

0
57

Gaya hidup yang modern membuat kita dipermudah untuk melakukan sesuatu baik hal berkonsumsi hingga berpakaian dengan bergaya modern membuat kita mengikuti tren modern yang sekarang ini. Hal ini berpengaruh pada kebiasaan kita dalam mengkonsumsi makanan dan minuman dengan serba mudah. Karena kebiasaan cepat ini menyebabkan kita memiliki kebiasaan buruk yang selalu kita lakukan sehari-hari sehingga menimbulkan berbagai masalah pada tubuh kita.

Kebiasaan buruk tidak hanya mengkonsumsi makanan cepat saji atau minuman bersoda, tetapi beberapa kebiasaan yang tidak kita sadari memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya adalah pencernaan.

Apa saja itu? Berikut adalah beberapa kebiasaan yang menyebabkan menganggu pencernaan dalam tubuh kita.

Mengkonsumsi makan-makanan asam

pastry and spoons
ilustasi gambar: unsplash

Salah satu kebiasaan ini juga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti reflex asam, radang selaput perut juga mulas pada perut kita. Untuk menghilangkan asam, maka dapat dilakukan dengan mengkonsumsi sayur-sayuran atau buah-buahan.

Tidur

woman sleeping on bed under blankets
ilustrasi gambar: unsplash

Dilansir dari Health Me Up, kebiasaan tidur setelah makan siang atau makan malam akan membuat pencernaan kita bekerja lambat dan menyebabkan perut kita buncit dan membuat tidak nyaman di bagian perut, berbaring telentang juga membuat kita menimbulkan mag. Untuk menghindari hal tersebut, maka lebih baik setelah makan diusahakan untuk duduk tegak selama 1 jam karena membuat pencernaan tubuh kita dapat bekerja dengan baik.

Mengkonsumsi Protein

ilustrasi gambar: unsplash

Kita tahu bahwa dengan mengkonsumsi protein, maka dapat memberikan energi pada tubuh dan otot. Tetapi dilansir dari Sociolla dikutip dari spesialis penyakit dalam asal Cleveland, menuturkan di website Mayo Clinic bahwa mengkonsumsi protein pada saat diet dapat menganggu kesehatan pada tubuh kita. Perut kita pada saat diet akan lebih rentan konstipasi yang dapat menimbulkan permasalahan pada pencernaan kita.

Permen karet

Mengunyah permen karet juga memberikan dampak buruk pada tubuh kita. Karena didalam permen karet mengandung gula yang memiliki efek samping pada perut kita seperti kembung dan mengeluarkan gas yang tidak terkendali.

Air mineral

Air mineral penting bagi tubuh kita. Karena minum air dapat menjaga pencernaan yang baik dan kesehatan usus. Karena usus membutuhkan air untuk memberikan aliran lancar terhadap makanan didalam tubuh kita. Untuk itu, kita jangan lupa untuk minum air mineral setiap harinya.

Menahan buang air besar dan kecil

Kebiasaan membuang air besar dan air kecil cepat-cepat harus dibuang. Karena kebiasaan mengabaikan menahan buang air besar dan kecil dapat mengakibatkan sembelit dan hal-hal yang membuat kita tidak nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here