Siapa yang sering makan pake tangan? Yang pastinya makan dengan pake tangan lebih nikmat daripada memakai sendok dan juga garpu. Tetapi pasti diantara kalian lebih memilih makan menggunakan sendok dan garpu ketimbang menggunakan tangan.

Tetapi, makan dengan menggunakan tangan ternyata ada manfaat dan sehatnya.

Coba untuk intip dibawah ini alasan mengapa makan menggunakan tangan lebih sehat untuk kita.

#1 Mengontrol Prosi Makan

Dengan makan menggunakan tangan ternyata dapat mengontrol porsi yang setiap kita makan dan dengan mudah kita dapat merasakan kenyang. Dan sebuah penelitian mengemukakan bahwa dengan makan menggunakan tangan dapat mengontrol porsi makan kita dengan lebih mudah kalau kita makan dengan menggunakan tangan.

#2 Mencegah Panas Dalam Mulut Kita

Tangan juga dapat bertindak sebagai sensor suhu yang efektif bagi tubuh kita. Ketika menyentuh makanan panas, hal ini dapat mencegah mulut kita terhindar dari sensasi terbakar.

#3 Mencegah Diabetes

Sebuah studi mengatakan yang dipublikasikkan dalam jurnal Clinical Nutrition, makan cepat berisiko tinggi mengalami diabetes tipe 2. Seberapa sering kita menggunakan alat makan? Mungkin bisa mencoba menggunakan tangan ketika kita sedang makan, dan dapat memperlambat cara kerja makan kita.

#4 Membantu Pencernaan Dalam Tubuh

Ketika kita menyentuh makanan dengan tangan kita, maka otak kita akan memberi sinyal ke perut kita kalau kita akan makan. Kebiasaan ini akan membantu pada pencernaan dalam tubuh kita untuk lebih baik karena pada akhirnya kita akan fokus pada makanan dan sadar memegang seberapa besar jumlahnya.

#5 Memicu SIrkulasi Darah

Gerakan konsisten yang ditimbulkan pada jari dan tangan ketika makan ternyata dapat memicu sirkulasi darah supaya lebih lancar. Meski gerakannya kecil, tetapi otot-otot di jari dan tangan dapat memompa aliran darah secara alami.

#6 Lebih Bersih

Kita pasti berprasangka kalau makan dengan menggunakan tangan pastinya kotor? Tapi ternyata tidak. Karena pastinya ketika kita ingin makan dengan pakai tangan sebelum makan, pastinya akan mencuci tangan terlebih dahulu. Kalau kita merasa tangan kita jorok, pastinya kita makan untuk mencuci tangan kita terlebih dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here