Buah kering menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi seperti dapat dinikmati secara langsung atau dijadikan pelengkap kue. Dilansir Healtheline, buah kering pada umumnya mengandung banyak serat, antioksidan dan juga polifenol. Antioksidan polifenol selalu dikaitkan dengan manfaat kesehatan.

Buah kering merupakan buah yang memiliki kandungan airnya dihilangkan menggunakan metode pengeringan. Untuk proses pengeringan biasanya dilakukan setelah buah dipetik untuk mencegah nutrisi hilang.

Dibawah ini ada beberapa buah kering yang dapat kita hidangkan dalam rumah.

Buah apricot

brown and white wooden lot
sorce: unsplash

Buah apricot seringkali menjadi hidangan saat dijadikan dengan campuran kue kering, pudding hingga vla. Buah apricot memiliki warna orange ini sering kita jumpai dalam bentuk buah kering. Buah ini tidak akan mengurangi nilai gizi yang terkandung di dalamnya ketika disajikn dalam bentuk buah kering. Buah apricot sendiri memiliki 158 gram vitamin A ketika kita mengkonsumsi satu cangkir buah apricot. Apricot sendiri memiliki ukuran yang cukup besar, dan sebaiknya sebelum di makan terlebih dahulu dicampurkan dengan bahan lainnya. Jika kita membuat kue, pastinya buah ini tidak asing lagi.

Kismis

Hasil gambar untuk kismis
source: rmol.sumsel

Tidak hanya sebagai pelengkap membuat kue, tetapi bisa digunakan kismis menjadi camilan di rumah. Kismis merupakan makanan kering yang terbuat dari anggur sebagai bahan dasar. Kismis juga mudah ditemukan di pasaran dan dijual dalam kiloan. Disaat kita ingin membeli kismis, pastikan terlebih dahulu untuk memilih kismis baru dan layak untuk dikonsumsi. Semakin lama kismis maka warna kismis akan berubah agak putih dan kandungan gula yang ada di dalamnya lebih tinggi.

Kurma

Hasil gambar untuk kurma
source: unsplash

Dengan kita sering mengkonsumsi buah kurma, maka akan mendapatkan manfaat untuk kesehatan. Buah kurma berasal dari Timur Tengah yang seringkali menjadi hidangan pembuka pada saat berbuka puasa. Buah kurma yang memiliki rasa manis maka sering dijadikan pelengkap dalam cake dan kue kering. Ketika membuat cake dengan bahan kurma, memastikan untuk kurma sebaiknya dipotong terlebih dahulu dan dilumuri dengan tepung terigu.

Prune

Hasil gambar untuk prune

Prune merupakan sebutan buah plum yang dikeringkan. Buah plum sendiri memiliki manis dan berserat. Prune atau plum kering ternyata mengandung nutrisi yang diperlukan untuk tubuh. Ketika kita mengonsumsi prune secara teratur, maka membantu pencernaan dan memperbaiki gerakan usus. Prune merupakan sumber makanan yang memiliki kualitas laksatif.

Sukade

Sukade merupakan buah-buahan atau manisan yang didapat dari kulit jeruk, labu hingga papaya. Sukade ini memiliki biasanya bewarna warni atau tembus pandang dan memiliki kesegaran. Cara membuat sukade adalah dengan merendam dengan air gula, dikeringkan dan dipotong kecil-kecil.

Itulah beberapa buah kering yang bisa dijadikan santapan di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here