Enak! Macam-macam Soto di Indonesia

0
59

Siapa yang tidak mengenal soto? Semua orang Indonesia sudah pasti mengenal dan pastinya pernah mencicipi soto yang ada di Indonesia. Soto ini yang dipadukan dengan berbagai macam sayuran dan disiram dengan kuah memiliki cita rasa masing-masing daerah sesuai dengan kota asalnya, yang membuat soto disukai oleh para pencinta makanan dari berbagai kalangan. Setiap kali makan soto, semua kalangan pasti akan jatuh cinta dengan soto ini. Tidak mengenal waktu pun, kita dapat menyantap soto kapanpun dan dimanapun wilayah Indonesia.
Soto tersebar di berbagai macam daerah di Indonesia, dan dari situ juga berbagai macam soto yang dapat kita temukan dari berbagai daerah yang rasanya disesuaikan dengan suatu khas daerah.

Soto Betawi

Resep Soto Betawi
ilustrasi gambar: https://www.romadecade.org/resep-soto-betawi/

Orang-orang yang tinggal di Ibukota Jakarta sudah pasti tahu dan mengenal Soto Betawi. Soto Betawi dikenal dengan susu sebagai kuah dan berisi dengan daging dan jeroan sapi yang sudah dapat kita santap dengan lezat. Tidak hanya itu, kita juga bisa pakai dengan nasi supaya kita semakin semangat menyantap Soto Betawi.

Soto Lamongan

Soto Daging Lamongan foto resep utama
ilutsrasi gambar: https://cookpad.com/id/resep/11049848-soto-daging-lamongan

Soto Lamongan merupakan salah satu makanan khas dari Jawa Timur. Soto Lamongan yang biasa kita temukan disajikan dengan ayam yang sudah disuwir, beberapa potongan brokoli dan juga dengan potongan daun bawang kemudian disiram dengan kuah kaldu. Untuk ciri khas dari Soto Lamongan ini adalah Soto Lamongan biasanya dilengkapi dengan Koya sehingga rasa Soto akan semakin gurih.

Soto Kudus

Resep Soto Kudus
ilustrasi gambar: https://resepkoki.id/resep/resep-soto-kudus/

Soto Kudus memiliki cita rasa yang sama dengan Soto Lamongan. Tetapi untuk Soto Kudus ini hanya menggunakan daging ayam atau daging kerbau sebagai menjadi bahan Soto Kudus. Hal ini didasarkan dengan Sunan Kudus untuk menunjukkan sikap toleransi terhadap umat Hindu yang menganggap sapi sebagai hewan yang disucikan.

Soto Makassar

Coto Makassar
ilustrasi gambar: resepcaramemasak

Untuk di Makassar sendiri, penyebutan Soto dengan Coto. Coto Makassar ini disesuaikan dengan bumbu masyarakat Makassar dengan ampah patang pulo. Untuk daging, biasanya dibuat dari potongan daging yang direbus dengan jeroan.

Soto Bandung

Hasil gambar untuk soto bandung
ilustrasi gambar: craftlog.com

Soto Bandung memiliki ciri khas tersendiri. Soto khas kota Kembang ini memiliki kuah bening yang bumbunya diiris tipis, bumbu yang sederhana tidak menghilangkan cita rasa pada Soto Bandung ini.

Soto Mie Bogor

Hasil gambar untuk soto mie bogor
ilustrasi gambar:keeprecipe

Yang sudah kita ketahui Soto Mie Bogor yang memiliki khas pada bagian mie sebagai bahan pelengkap Soto Mie Bogor. Biasanya Soto Bogor akan ditambahkan risol yang menjadi salah satu pelengkap Soto Mie Bogor ini. Dan akan semakin lezat jika ditambahi dengan sambal merah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here