Kita pastinya ingin memilki tabungan yang cukup untuk di masa tua nanti. Namun, untuk mencapai tujuan menabung untuk masa tua terkadang sulit untuk menabung. Menabung tidak melihat bagaimana kita memiliki pendapatan besar atau lumayan, tetapi bagaimana kita berkomitmen pada diri kita untuk menabung untuk masa tua nanti. Kita bisa menyisihkan uang walaupun hanya dengan skala kecil.

Dan pastinya kita tidak ingin gagal menabung karena taraf hidup yang tinggi sehingga kita malas untuk menabung. Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa didapatkan agar kita untuk rajin menabung.

Membuat rencana tabungan

Pertama kali yang dilakukan agar tidak gagal menabung adalah dengan membuat perencanaan uang secara detail. Kita memberi alasan dan tujuan mengapa kita harus menabung. Kita juga harus memerhatikan jangka waktu dalam menabung setiap bulannya. Selain itu, menabung juga harus menyesuaikan target menabung sesuai dengan pendapatan kita dikurangi dengan pengeluaran pokok dan juga pengeluaran tambahan. Dan selain menghitung pengeluaran, memilih target pertama kali dalam menabung, seperti setelah kita gajian lalu kita menyisipkan uang kita untuk ditabung.

Kategori pada tabungan kita

Sama seperti poin sebelumnya, bahwa kita harus memberikan alasan dan juga tujuan kita menabung. Ketika anda tidak menabung di bank, maka kita harus memberikan kategori pada tabungan kita. Seperti kita menabung untuk membeli handphone baru, kita ingin pergi liburan atau ingin menabung yang bisa digunakan pada saat masa tua.

Menghindari pengeluaran sepele

Jangan menganggap remeh pengeluaran kecil yang menurut kita sepele. Misalnya seperti kita ingin membeli minuman-minuman milk tea atau kopi, tetapi hal-hal seperti itu yang membuat pengeluaran kita banyak.

Melunasi utang

Sebelum kita memutuskan untuk menabung dan menghindari gagal untuk menabung lagi, ada baiknya kita melihat apakah kita memiliki utang atau tidak. Ketika kita ingin menabung dan menghindari stress akibat terlilit utang, sebaiknya untuk melunasi utang-utang tersebut. Dan ketika kita sudah bebas dari utang, maka kita pun akan fokus untuk terus menabung uang kita untuk masa depan.

Menggunakan aplikasi keuangan dalam handphone

Untuk sekarang ini tidak usah khawatir untuk menghitung keuangan dan dengan mudah. Karena sekarang ini sudah banyak aplikasi finance di handphone kita untuk mengelola keuangan. Tidak hanya mencatat pengeluaran dan juga pemasukan, tetapi kita juga bisa tahu kemana saja gaji yang kita gunakan untuk pengeluaran kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here