Kedelai Hitam dan Manfaatnya

0
4

Sebagian dari kita hanya tau kecap digunakan hanya untuk kecap, padahal kedelai hitam memiliki banyak manfaat. Kedelai hitam bisa kita rebus atau bisa kita gunakan untuk mengolah daging ala vegan.

Dibawah ini ada beberapa manfaat yang kita dapatkan dalam kedelai hitam

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan peptide yang ada di dalam kedelai hitam akan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mampu menyerang berbagai penyakit.

Mencegah kanker

Kedelai hitam kaya akan kandungan isoflavin sebagai zat antioksidan. Isoflavone pada kedelai mampu melawan hormone jahat yang membentuk penyakit kanker prostat dan kanker payudara. Kedelai hitam juga diperkaya dengan fitosterol saponin, serta zat-zat aktif lainnya yang mampu melawan penyakit kanker.

Melancarkan pencernaan

Manfaat yang dimiliki kedelai hitam adalah membantu melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan dengan kedelai hitam yang memiliki kandungan serat yang dapat memperlancar sistem perlancaran tubuh sekaligus sebagai obat alami untuk mencegah sembelit.

Mengurangi resiko pengumpalan darah

Thrombosis adalah kejadian terjadinya pengumpalan darah yang berpotensi fatal. Kedelai hitam meminimalkan resiko ini,bahkan lebih besar dengan kedelai kuning atau hijau.

Mengobati bisul

Kedelai hitam bisa menjadi obat alami untuk mengatasi penyakit kulit salah satunya adalah dengan mengobati bisul. Kedelai hitam dapat mempercepat matangnya bisul sehingga dapat mempercepat untuk penyembuhan bisul.

Menjaga kestabilan gula darah

Kandungan yang ada di dalam kedelai hitam , nutrisi dan zat aktif memberikan kadar gula yang normal. Sebuah penelitian dengan berskala kecil menjelaskan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi kedelai hitam maka kadar gula yang dimiliki akan stabil.

Mencegah penyakit jantung

Kedelai hitam mengandung lemak sehat seperti asam alfa linolenat yang merupakan jenis asam lemak omega-3. Kandungan alfa linolenat ini juga membuat kedelai hitam bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung.

Penangkal radikal bebas

Kedelai hitam memiliki kandungan anti oksidan alami yang mampu menahan paparan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here