Negara kita ini memang sudah diketahui berbagai macam rempah-rempah yang sudah pasti memiliki banyak rempah yang dihasilkan untuk minuman salah satunya adalah jamu yang memiliki manfaat kesehatan dan baik untuk tubuh.

Salah satunya adalah kunyit asem, yang memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh kita dan memiliki segudang manfaat pada kunyit asem. Biasanya kunyit asem diolah menjadi jamu kunyit yang dicampur dengan asem jawa.  

Kunyit asem memiliki banyak manfaat pastinya untuk tubuh kita. Dan ternyata kunyit asem juga dapat membantu mencegah kanker. Selain kanker, berbagai macam manfaat yang didapatkan dari kunyit asem.

Mengatur gula darah

Jamu kunyit asam kerap direkomendasikan untuk para penderita diabetes. Karena para penderita diabetes memiliki kewajiban untuk mengatur gula darah dalam tubuh mereka sehingga salah satunya adalah dengan minum kunyit asam.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan setiap hari minum kunyit asam maka akan meningkatkan daya tahan tubuh. Karena kunyit asam memiliki kandungan andtioksidan, anti peradangan dan antibakteri yang terkandung dalam kunyit dan asam jawa.

Meningkatkan fungsi otak

Kunyit asam membantu untuk meningkatkan fungsi otak karena kunyit asam memiliki kandungan curcumin yang dapat meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor sehingga rentan dalam penyakt otak.

Meredakan penyakit haid

Meminum kunyit asam dapat membantu kelancaran haid, kunyit asam berfungsi sebagai meredakan nyeri akibat haid. Karena kunyit asam mengnadung curcumin didalam jamu kunyit asam yang dapat mengurangi produksi hormone pemicu peradangan dan rasa nyeri yaitu prostaglandin. Dan kunyit asam memiliki pengaruh pada otak untuk mengirim sinyal pada otak ke tubuh agar ada kontraksi rahim sehingga bisa meredakan dan nyeri haid berkurang.

Menurunkan berat badan

Kunyit asam juga membantu untuk menurunkan berat badan karena kunyit asam dapat memicu peradangan pada sel tubuh.

Mengurangi risiko kompilasi jantung

Kandungan antioksidan, anti peradangan, curcumin dalam kunyit asam bermanfaat bagi para penderita penyakit jantung. Sebuah penelitian tahun 2012, penderita jantung yang mengkonsumsi 4 gram curcumin setiap hari setelah operasi bypass jantung bisa menekan risiko komplikasi hingga 17%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here