Awas! Makanan Enak Ini Ternyata Mengandung Penyakit, Kurangi dan Batasi!

0
32

Pastinya kita sering sekali makan yang menurut kita enak dan lezat tanpa melihat risiko yang didapat dari makanan tersebut. Tanpa kita sadari bahwa makanan yang kita anggap lezat belum tentu baik untuk tubuh kita, salah satunya adalah penyakit jantung karena adanya pola makan kita yang tidak sehat. Penambahan berat badan menjadi salah satu risiko kita karena kita tidak melihat makan apa saja yang membahayakan bagi tubuh kita atau kita sebut juga dengan obesitas. Obesitas dapat meningkatkan terjadinya serangan jantung. Untuk itu kita harus bisa memperhatikan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Mulai dari kalori yang tinggi, garam atau bahan-bahan makanan lainnya.

Dibawah ini ada beberapa makanan yang dapat mengakibatkan penyakit yang berbahaya bagi tubuh kita.

Krimer kopi

Krimmer kopi salah satu sumber lemak yang biasa ditemukan di makanan sehari hari. Lemak trans merupakan pemicu meningkatnya kadar kolestrol dan menurunnya daya ingat pada orang dewasa. Jika kita ingin mengganti krimmer, bisa digantikan dengan susu rendah lemak, karena susu rendah lemak yang pastinya sudah jauh dari sehat.

Ayam goreng

fried chicken on brown paper bag
ilustrasi: unsplash

Semua orang pastinya menyukai ayam terutama bagian dada. Dada ayam salah satu sumber protein terbaik untuk menurunkan berat badan dan pembentukan otot. Tapi tidak sama halnya ketika kita ingin mengkonsumsi kulit dan mengolah kulit tersebut dengan cara digoreng. Menggoreng kulit ayam justru akan menyebabkan lemak jenuh dada ayam jadi meningkat tajam.

Kue

close up photography of cupcakes
ilustrasi: unsplash

Kue yang dibuat dengan dipanggan seperti kukis dan muffin biasanya mengandung gula yang tinggi dan juga lemak jenuh seperti mentega atau minyak sawit dan juga lemak trans. Hati-hati bagi yang sering mengkonsumsi makanan ini, akan menyebabkan penyakit jantung.

Mie instan

Siapa yang sering mengkonsumsi mie instan? Bagi yang sering, segeralah berhenti. Karena mie instan memiliki risiko pada perubahan metoblisme karena kandungan di mie instan terdapat kandungan natrium yang tinggi, lemak jenuh dan juga beban glikemik. Orang yang mengidap sindrom metabolic cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan berisiko penyakit jantung, stroke dan juga diabetes.

Keripik kentang

Keripik kentang atau berbagai macam keripik lainnya yang digoreng dapat meningkatkan risiko penyakit jantung karena kandungan sodium dan lemak yang tinggi dengan nutrisi yang rendah.

Roti tawar

Roti tawar dibuat dengan bahan tepung terigu dan gula, roti tawar memiliki lemak yang mengganggu kesehatan kardiovaskuler

Nasi putih

rice in bowl
ilustrasi: unsplash

Nashi putih menjadi salah satu makanan yang tidak sehat karena nasi putih mengandung kadar gula yang tinggi.

Es krim

coned ice cream with blueberries and flowers
ilustrasi: unsplash

Es krim mengandung lemak dan gula tinggi, kombinasi yang sudah jelas membahayakan kesehatan jantung.

Permen

Permen memiliki kandungan utama yaitu gula yang pastinya sudah tidak sehat untuk tubuh kita. Yang pertama, kadar gula yang tinggi akan memberikan risiko pada kegemukan, diabetes dan lemak yang menumpuk sehingga menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here