Makanan & Minuman Yang Dihindari Pada Saat Haid

0
134

Pada saat haid pasti terbawa sampai ke suasana hati, karena perut yang nyeri dank ram membuat kita tidak nyaman dan menganggu aktivitas harian dan kegiatan luar ruangan.

Untuk menghilangkan rasa sakit karena datang bulan, biasanya meminum obat menjadi salah satu cara alternative untuk menghilangkan rasa sakit karena menstruasi. Dan ada juga beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit menstruasi yaitu mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang memicu nyeri serta gangguan perut lainnya.

Dibawah ini ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari pada saat haid.

Makanan Dengan Tinggi Garam

Pada saat datang bulan, perempuan akan mengalami penurunan hormone esterogen dan progesterone yang membuat tubuh menyimpan banyak air. Jadi lebih menghindari makanan yang tinggi garam seperti junk food, telur asin atau keripik.

Berdasarkan jurnal dari Charing Cross & Westminster Medical School, sodium akan mengikat air untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Meningkatnya massa air saat menstruasi sehingga menyebabkan kembung karena kelebihan air.

Makanan mengandung gula

Makanan manis sering kali menjadi salah satu alternatif ketika mood sedang memburuk, maka kita akan membeli makanan yang manis manis sehingga membuat kita lahap makan makanan tersebut. Tetapi, menyantap makanan manis malah justru tidak boleh kita konsumsi pada saat menstruasi karena membuat cepat tubuh akan cepat lelah. Menurut jurnal Obesity 2015 asupan gula berlebih menyebabkan gula darah akan melonjak dengan cepat sehingga kita menjadi cepat lelah.

Kopi

Kopi juga termasuk yang tidak boleh dikonsumsi pada saat datang bulan. Minuman kafein ini menyebabkan perut kita menjadi kembung, dan meningkatkan rasa lelah  dan membuat kita tidak nyaman pada bagian perut sehabis meminum kopi.

Makanan Makan Pedas

Makanan pedas tidak hanya membuat bagian dalam tubuh menjadi panas tetapi tidak boleh juga dikonsumsi pada saat menstruasi. Kenapa seperti itu? Karena makanan pedas menyebabkan penumpukan gas pada bagian perut. Karena penumpukan gas ini membuat perut kita menjadi kembung dan tidak nyaman di bagian perut.

Daging Merah

Daging mengandung banyak protein sehingga baik untuk tubuh kita. Tetapi mengkonsumsi pada saat datang bulan justru tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan perut kram dan tidak nyaman. Karena daging merah menghasilkan zat prostaglandins begitu juga pada saat kita sedang datang bulan memproduksi zat yang sama sehingga menyebabkan dinding rahim dingin. Karena penipisan dinding akan membuat kram perut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here