Ketika kita ingin memiliki hidup sehat dan ingin terhindar dari berbagai penyakit adalah impian kita semua. Tidak hanya pola hidup, makanan dan minuman yang sering kita konsumsi juga menjadi ketentuan dalam kesehatan kita.

Kesehatan tubuh kita dimulai dari makanan dan minuman yang biasa kita konsumsi, maka itu kita juga harus bisa menjaga makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita.

Sebuah studi mengatakan bahwa penyakit kanker dapat dicegah dengan mengubah pola makan sebanyak 70% dan 30% berasal dari genetik serta lingkungan.

Dibawah ini ada beberapa makanan dan minuman yang dapat menjadi pemicu kanker.

Daging olahan

Two grilled marbled beef steaks striploin.

Daging olahan menjadi salah satu pemicu kanker, hal ini sudah dapat dibuktikan melalui Penelitian Kanker (IARC) bahwa daging olahan memiliki kandungan senyawa karsinogen. Hal ini juga sudah diteliti bahwa seseorang yang mengonsumsi daging olahan dengan jumlah besar maka mengalami peningkatan resiko kanker kolorektal.

Minuman bersoda

Colorful soda drinks macro shot

Minuman bersoda juga dapat memicu tumbuhnya kanker. Karena kandungan gula didalam minuman soda terlalu berlebihan dan menjadi salah satu ‘makanan’ untuk sel kanker dan membuat kanker menjadi cepat bereaksi. Kandungan nutrisi didalam minuman soda juga lebih sedikit dan banyaknya pewarna sehingga dapat memicu tumbuhnya kanker.

Minuman berakohol

Selain daging olahan, peneliti IARC, mengklafikasi minuman berakohol menjadi minuman yang bersifat karsinogenik yang dapat memicu adanya kanker. Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan seringnya kita mengkonsumsi alkohol maka risiko kanker juga akan tinggi seperti pada kepala, kerongkongan, hati, payudara dan usus besar.

Saus tomat kalengan

Saus tomat kalengan memiliki kandungan kimia yang berbahaya. Kandungan ini disebut dengan bisphenol-A atau BPA. bahan kimia ini sangat beracun bagi tubuh manusia dan akan mempercepat pertumbuhan sel kanker.

Makanan dengan banyak garam

Makanan dengan terlalu asin juga tidak baik untuk tubuh kita. Makanan dengan tinggi garam maka akan menyebabkan tekanan darah tinggi dan berkaitan dengan risiko kanker tertentu termasuk kanker lambung, hidung, tenggorokan dan pankreas.

Keripik kentang

Keripik kentang memiliki kadar garam yang tinggi juga dapat menyebabkan terjadinya kanker. Keripik kentang juga memiliki lemak jenuh sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here