Jangan membuang kulit dari buah dan sayur ini. Karena kulit dari beberapa buah ini memilki manfaat yang aman dikonsumsi dan kaya akan manfaat sehat bagi tubuh. Tidak hanya daging buah yang memiliki manfaat, tetepi kulitnya juga mengandung nutrisi.
Ada beberapa buah dan sayur yang memiliki manfaat sehingga bisa melawan kanker hingga mencegah penuaan dini.

Jeruk

orange fruits and orange juice

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Journal of Agriculture and Food Chemistery, Amerika Serikat bahwa kulit jeruk memiliki kandungan antioksidan yang disebut dengan super flavonoid. Antioksidan ini membantu turunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Tanpa menurunkan kadar HDL alias lemak baik dalam tubuh. Kulit jeruk bisa menangkal radikal bebas yang bisa disebabkan beragam penyakit. Tak heran jika para ahli sangat merekomendasikan orang untuk mengonsumsi kulit jeruk. Manfaat yang didapat tubuh jika mengonsumsi buah jeruk plus kulitnya lebih besar daripada mengonsumsi jus jeruk biasa. Dan 20 kali memiliki manfaat banyak ketimbang jus jeruk.

Bawang putih
Kulit bawang putih memiliki manfaat dikarenakan memiliki banyak kandungan antioksidan. Jika mengupas kulitnya, maka akan kehilangan sumber antioksidan yang ada pada kulit bawang putih. Mengupas bawang putih dapat mengilangkan antioksidan fenilpropanoid yang ditemukan dalam membrane beludru yang bantu melawan penuaan kulit dan melindungi jantung.

Pisang

sliced ripe banana on round white ceramic plate

Kulit pisang sendiri memiliki banyak manfaat. Penelitian dari Universitas Taiwan menemukan bahwa ekstrak kulit pisang dapat meredakan depresi dan bisa menyeimbangkan hormone yang mengatur suasana hati. Mengkonsumsi kulit pisang sangat baik bagi mata. Kandungan lutein bisa melindungi retina mata. Sedangkan antioksidan yang masuk dalam kategori karotenoid bisa melindungi sel-sel mata dari paparan sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan katarak. Peneliti menyarankan untuk merebus kulit pisang selama 10 menit dan meminum air rebusan dari kulit pisang tersebut. Atau bisa memasukan langsung potongan kulit pisang ke dalam juicer bersama dengan daging pisang.

Semangka

watermelon close-up photography

angan membuang kulit semangka, karena kulit semangka memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), kulit semangka mengandung asam amino citrulline lebih banyak dibanding daging buah semangka. Asam amino citrulline bisa berubah menjadi asam amino arguninese yang berfungsi sebagai prekusor nitrit oksida. Senyawa inilah yang membantu melebarkan pembuluh darah.

Kiwi

sliced kiwi fruit on white background

Kulit buah kiwi ini ternyata aman dikonsumsi. Kulit kiwi memiliki kandungan senyawa felonik seperti flavonoid. Ini merupakan senyawa yang bisa mencegah kanker, peradangan dan bersifat anti-alergan. Kita bisa memakan kulit kiwi yang memiliki warna kulit bewarna keemas an dengan bulu yang lebih halus maupun sedikit bulu. Keduanya mengandung manfaat yang sama. Atau bisa menghaluskan buah kiwi untuk dijadikan buah segar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here