Setiap pagi, kalian suka sarapan apa saja? Dan sebagian dari kita pastinya sering untuk sarapan pagi. Dan sebagian dari kita pastinya ada beberapa buah yang kita konsumsi untuk sarapan di pagi hari. Harus diketahui bahwa ada beberapa buah yang memang tidak bisa dikosumsi pada saat sarapan. Dan ada beberapa buah yang harus dihindari. Kenapa? Ada beberapa alasan yang seharusnya dihindari oleh kita seperti kandungan dalam buah tersebut kurang seimbang, atau buah yang terlalu manis.

Dibawah ini beberapa buah yang harus kita hindari pada saat makan di pagi hari.

Salak

Salak memiliki kandungan vitamin C, kalsium, beta-karoten, zat besi dan tanin yang sebaiknya kita ga konsumsi disaat sarapan terutama bagi kita yang memiliki ulkus lambung. Karena salak mengandung tanin yang tinggi, dan dapat menyebabkan iritasi lambung, mual, muntah.

Jeruk

Many oranges from valencia, spain.
ilustrasi: freepik

Jeruk memiliki banyak kandungan yang bisa diambil dari buah ini. Kandungan vitamin C memiliki manfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan membuat kulit menjadi sehat. Tetapi dengan memakan jeruk dipagi hari akan mengakibatkan kram pada perut dan juga diare. Kelebihan vitamin C dengan lebih dari 2000 mg setiap hari membuat kita akan mual, muntah, mulas, kembung hingga penyakit batu ginjal.

Semangka

Fresh watermelon slice and white flower on concrete
ilustrasi: watermelon

Yang pastinya semangka dinikmati pada saat siang hari, tidak untuk dipagi hari. Dengan rasa manisnya semangka yang disebabkan oleh tingginya fruktosa. Menurut Julia Greer, MD seorang asisten dosen di University of Pittsburgh menyatakan bahwa kira-kira 30 hingga 40 persen orang tidak mampu menyerap fruktosa seluruhnya, sehingga menyebabkan perut kembung, gas berlebih hingga diare.

Apel

Red apple in basket
ilustrasi: freepik

Apel dipercaya memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Tetapi buah apel dapat membuat perut kita kembung. Kandungan fruktosa dan tinggi serat menjadikan buah apel sulit dicerna, sehingga harus diferementasi pada usus besar. Hasil dari fermentasi ini adalah gas dan perut kembung.

Mangga

Mango fruits

Mangga memiliki rasa manis yang membuat kita mengkonsumsinya lagi dan lagi. Tetapi mangga menjadi konsumsi kita pada saat pagi hari sebaiknya harus dihindari. Karena mangga memiliki kandungan fruktosa yang lebih besar ketimbang gluktosa. Ketidakseimbangan ini membuat mangga sulit diserap oleh tubuh. Fruktosa juga sulit dicerna oleh tubuh.  Gas dan perut kembung setelah mengkonsumsi mangga tidak bisa dihindari.

Persik (Peach)

An overhead view of whole harvested peach fruits
ilustrasi: freepik

Buah ini memiliki serat yang tinggi dan dapat mengurangi kolestrol dan diare, tetapi buah ini tidak bisa dikonsumsi dipagi hari karena buah ini mengandung sorbitol yang suit dicerna sehingga tubuh memproduksi gas. Selain memproduksi gas juga membuat perut kita kembung. Sorbitol juga dapat meningkatka ketergantungan terhadap pencahar jika dimakan berlebihan, sehingga usus besar akan berhenti merespon stimulus sorbitol dan terjadi kerusakan otot.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here