Pergi Liburan Sambil Mengurangi Pemakaian Plastik

0
123

Selama liburan kita pastinya akan menggunakan plastik baik dalam bentuk kantung belanjaan, botol minum atau sedotan. Dan tidak hanya kita saja, tetapi masih banyak orang diluar sana yang masih menggunakan plastik didalam kesehariannya. Kitapun bisa mengurangi pemakaian plastik dan sudah banyak orang yang berkampanye untuk mengurangi pemakaian plastik dengan berbagai cara. Tetapi itu semua kembali ke diri kita masing-masing pada saat pengurangan plastik.

Pengurangan plastik juga bisa dimulai dari diri kita sendiri. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dan bisa dilakukan pada saat berlibur.

Membawa Botol Tumblr Pada Saat Isi Ulang

Membawa botol minuman sendiri pada saat membeli minuman, sama juga kita membantu pengurangan plastik, hal ini juga bisa menghindari dari virus dan bakteri pada kemasan plastik. Sekarang ini juga sudah banyak beberapa tempat nongktong yang menjual botol tumblr atau biasanya mereka menukarkan dengan penggunaan diskon saat membeli minuman.

Menghindari Peralatan Dengan Sekali Pakai

Di tempat wisata-wisata, banyak sekali penjual makanan menggunakan pemakaian peralatan yang sekali pakai. Biasanya kemasan tersebut dalam bentuk plastik atau stereofoam, begitu juga dengan garpu dan sendok. Untuk itu, hindari penggunaan pemakaian sekali pakai.

Korek Api Isi Ulang

Penggunaan korek api kayu dianggap merepotkan. Begitu juga dengan korek plastk, yang membuat sampah susah terurai. Menggunakan korek isi ulang bisa menjadi salah satu solusinya.

Perlengkapan Mandi

Di tempat penginapan, biasanya mereka menyediakan peralatan mandi dalam kemasan plastik di setiap kamarnya. Jika di dalam koper kita masih tersisa ruang, maka diusahakan untuk membawa peralatan mandi dari rumah.

Selalu Membawa Sedotan Pakai Ulang

Seringkali restoran menyediakan sedotan plastik dan sedotan plastik inilah juga termasuk yang dapat membahayakan lingkungan. Tetapi tidak menutup kemungkinan beberapa restoran yang sudah peduli bahaya sedotan plastik. Tetapi lebih baik, kita pun harus membawa sedotan dengan bahan stainless agar dapat mengurangi pemakaian plastik.

Membawa Sapu Tangan Sebagai Pengganti Tisu

Tisu memnag tidak dibilang sebagai sampah plastik. Tetapi penggunaan tisu juga tinggi dan meningkatkan jumlah sampah. Tisu terbuat dari serat kayu sehingga banyak pohon yang ditebang hanya untuk pembuatan tisu. Jika kita sedang hangout ke restoran atau kafe, lebih baik kamu membawa sapu tangan jika kita sering berkeringat atau mengelap kotoran.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here