Suka Minum Kopi? Yuk, kenali 3 manfaatnya!

0
179
Suka Minum Kopi? Yuk, Kenali 3 Manfaatnya!

Kopi atau minuman kopi sangat umum di kalangan masyarakat Indonesia. Menjamurnya coffee shop di berbagai tempat yang amat sering di jadikan tempat kumpul bahkan meeting bahas kerjaan. Tapi, taukah bahwa ternyata banyak informasi tentang kopi yang belum kita tahu. Yuk, cek di bawah ini apa aja sih?

Pengurang Rasa Nyeri

Kandungan kafein pada kopi diyakini bisa membantu mengurangi rasa nyeri, termasuk sakit kepala kronis. Seperti yang di kemukakan para ilmuwan asal Amerika, ternyata bahan kimia didalam kopi sama halnya dengan obat ibuprofen. Efek dopamine/ hormon bahagia adalah efek yang dikeluarkan akibat meminum kopi. Menurut hasil penelitian, kafein setara dengan 2 gelas kopi jika dikonsumi, semakin toleran seseorang terhadap rasa nyeri.

Sebagai Sumber Antioksidan

Pada umumnya, biji kopi memiliki jumlah antioksidan yang sama, meskipun ada jenis kopi seperti biji kopi robusta yang memiliki dua kali lebih tinggi kandungan antioksidan dari biji kopi biasa. Antioksidan dalam biji kopi mampu menangkal radikal bebas serta menjaga sel – sel di dalam agar lebih sehat. Minum 2 – 4 gelas kopi setiap hari agar hasilnya lebih maksimal.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Menurut para ahli dari Jepang di University of Ryukyus, meminum kopi mampu memperlancar sirkulasi darah hingga 30 persen. Hal ini sangat baik untuk tubuh, sebab jika aliran darah semakin lancar maka semua bagian tubuh seperti jaringan otot dan tulang akan mendapat pasokan oksigen dan sel darah putih yang cukup. Maka perfoma dalam beraktifitas maupun bergerak akan menjadi lebih baik.

Ternyata baik juga ya manfaat kopi ini, tapi perlu diingat. Kopi itu bersifat diuretic yang dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan banyak cairan, baik itu keringat ataupun air kencing. Jadi, jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih atau susu jika mengkonsumsi kopi agar terhindar dari dehidrasi. Keep healthy!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here