Berapa Banyak Teman Yang Anda Perlukan Untuk Bahagia ?

0
160

Suatu kala ada seorang anak muda bertanya kepada seorang kakek tua yang bijaksana, “Kakek berapa orang teman yang kita perlukan – satu orang atau banyak ?”

Kakek tua menjawab,”Itu hal yang mudah, kamu akan mengetahuinya sendiri”.

Kakek itu membawa anak muda ke sebuah kebun kelapa sambil berkata, “Ambilkan aku sebuah kelapa muda dari pohon kelapa yang tertinggi”.

Si anak muda melihat ke atas pohon kelapa dan berkata, “Kakek pohon ini terlalu tinggi untuk kupanjat…”

Si anak muda melihat ke atas pohon kelapa dan berkata, “Kakek pohon ini terlalu tinggi untuk kupanjat…”

“Kenapa kamu tidak mengajak temanmu untuk membantumu ?”, jawab si Kakek

Kemudian anak muda itu mengajak satu orang temannya, dan setibanya di bawah pohon kelapa, dia naik ke pundak temannya untuk menggapai buah kelapa.
Namun buah kelapa itu masih terlalu tinggi untuk diraihnya.

Merasa kecewa dan bersungut-sungut, si anak muda berkata “Kek, buah kelapa itu masih terlalu tinggi untuk kami raih”.

 

“Apa hanya satu orang teman yang kamu punya ?” timpal si kakek.

Anak muda itu mengajak lebih banyak lagi teman-teman untuk membantunya. Mereka membentuk formasi piramida manusia dengan berdiri di pundak masing-masing teman. Namun lagi-lagi formasi mereka masih kurang tinggi untuk menjangkau buah kelapa dan teman-teman di bagian paling bawah juga tidak kuat menahan beban di pundak mereka terlalu lama.

Akhirnya mereka menyerah…

“Apa kamu sudah mengerti berapa banyak teman yang kamu butuhkan ?”, tanya si kakek.

“Kek, saya tahu kita perlu banyak orang teman, tidak cukup hanya seorang ataupun beberapa teman saja, untuk membantu kita menyelesaikan masalah kita”, jawab anak muda.

Sambil menggeleng-gelengkan kepalanya si kakek berkata,

“Tentu saja kamu perlu punya banyak teman anakku, tidak bisa kita pungkiri hal itu ! Namun dari sekian banyak teman-teman itu, aku berharap ada satu orang temanmu yang cukup pandai dan bijaksana untuk memberitahumu agar mengambil sebuah tangga untuk memanjat pohon kelapa itu !”

Saya selalu ingat perkataan bahwa kita tidak dapat berharap hasil yang berbeda/lebih baik, namun menggunakan cara/pendekatan yang sama/tetap

Kita bisa tersenyum membaca ilustrasi di atas, namun dalam keseharian mungkin kita merasa sudah cukup mempunyai banyak teman, tapi belum mampu membantu kita mengatasi masalah.

Yang perlu kita lakukan adalah bukan hanya menemukan teman yang bersedia mendengar permasalahan kita, tapi juga yang dapat memberikan kita perspektif baru dalam melihat dan menyikapi masalah.

Jadi memang penting untuk mempunyai teman sebanyak-banyaknya, namun lebih penting pula menemukan teman yang tepat untuk mengatasi masalah Anda.

Tetap Sehat & Tetap Semangat 🙂 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here