Harus Pergi Merantau ? Kamu harus tau ini !

0
43
foto by matir

Siapa orang yang mau mempertaruhkan hidup dan matinya demi lahirnya kamu di dunia ini? siapa lagi kalau bukan Ibu mu.Dan orang yang mau berusaha berjuang untuk tumbuh hidupmu sampai sekarang,siapa lagi kalau bukan ayahmu.Kedua orang ini yang mau dengan sukarela merawat,membesarkan dan mendidik kita sampai kita tumbuh dewasa.    Mungkin saat kita masih kecil dulu kita belum terpikirkan bagaimana cara membayar jasa jasa nya ,yaa kita kita tidak akan bisa membalas budi mereka seutuhnya tapi setidaknya yang harus kita lakukan saat kita mulai beranjak dewasa adalah memulai hal hal yang membuat mereka bahagia dan bangga dengan kita anaknya.

Saat kita sudah mulai beranjak dewasa hal hal itu sejatinya akan terpikirkan sendiri oleh kita.Dan untuk kita si anak rantau yang harus pergi meniggalkan orang tua di kampung halaman baik karna harus melanjutkan pendidikan maupun sedang berjuang untuk masa depan,sungguh mungkin rasanya sulit untuk mengungkapkan rasa sayang secara langsung setiap harinya.

sedikit tips cara membahagiakan orang tua untuk kamu si anak rantau !
Walaupun sesibuk dan padatnya jadwal kegiatanmu ,cobalah sempakan sedikit waktu mu untuk melakukan hal-hal kecil ini,namun pasti sangat beharga bagi mereka di kampung halaman .

1.JAGA KOMUNIKASI YANG BAIK

Sesibuk sibuk kegiatan kita di setiap harinya ,kamu harus tetap meluangkan waktumu untuk mereka.Walaupun tidak setiap hari setidaknya dalam seminggu,weekend mungkin kamu bisa menenlfon suara atau bisa juga mengunakan video call dari aplikasi chating.

Topik pembahasan tidak perlu berat berat ,hal hal sederhana namun hangat dan kekeluargaan itu sudah cukup,contohnya seperti menanyakan kabar,keadaan rumah,mengingatkan untuk makan dan mungkin juga kamu bisa menceritakan kisah cerita kamu kegitan selama satu minggu yang telah di lalui

Curhat dengan Ibu/ayahmu mungkin juga bisa kamu coba untuk menceritakan kebahagian atau masalah mu ke pada mereka.Berani coba ?

2.BERIKAN KEJUTAN KECIL & HADIAH

Mungkin mereka tidak mengharapkan itu ,tapi ingatkah kalian saat kecil dulu saat kamu ulang tahun mereka sangat antusias merayakan hari lahir mu .walaupun hanya sekedar ucapan dan hadiah sederhana pasti orang tuamu akan sangat senang dan kagum sama apa yang kamu lakuin untuk mereka di hari bahagia nya.

saat kamu jauh di rantau kamu bisa meminta tolong teman dekat mu di sana atau tetangga terdekat yang bisa mewakili kita mewujudkannya ,dan itu akan membuat orangtua mu terkejut bahagaia.Yaaa penulis pernah melakukanya dan menjadi moment yang tidak terlupakan.

3.TUNJUKAN HASIL JERIH PAYAHMU

Baik itu berupa hasil nilai atau pencapain mu jika kamu kuliah usahakanlah untuk dirimu dan mereka.Untuk yang sedang mencari rejeki di rantau coba sisihkan hasil dari gajih mu untuk keluarga.Berapapun itu
itu akan sangat bermakna dan membantu finansial keluarga di kampung halaman sana

Jangan takut kekurangan ,hasil usaha dan doa ibu mu justru akan membuat rejeki kamu semakin lancar dengan berbagi dengan orang terkasih.Coba lakukan dari sekarang segala kebaikan mereka akan dengan senang hati melihat perubahanmu.

4.PULANGLAH DAN BUAT QUALITY TIME

Pulang kampung adalah hal yang paling sakral di nanti oleh para anak rantau,bagaimana tidak ? yang selama ini kita harus menahan rindu dengan rasa sedih karna terpisah akan jarak ,esok kita akan bertemu mereka orang orang yang kita sayangi.lain hal juga rindu dengan kamar tidur,hewan peliharan dan segala seisi rumah bisa kita rasakan saat pulang kampung

Ajak keluargamu pergi berlibur ataupun makan malam bersama di luar jika sempat.Dengan hal hal sederhana lain pun bisa di lakukan untuk membuat kehangatan keluarga kembali terjalin setelah lama merantau ,contohnya seperti membuat acara makan makan bersama di rumah kita.

ya tentu saja masih banyak sekali hal hal yang bisa kamu lakukan bersama keluargamu,untuk kamu si anak rantau kamu adalah orang yang hebat orang yang mau dan mampu berjuang mandiri untuk masa depan kamu yang cerah,ya kamu orang hebat.Teruslah lanjutkan perjuanganmu jangan pernah menyerah berhenti ditengah jalan percayalah segala usaha dan perjuanganmu akan mendapatkan hasil yang kamu impikan tuhan selalu adil jangan pernah menyalahkan tuhan akan suatu hal yang belum dia kasih.Jika kamu dalam kondisi yang sedang tidak baik baik saja di rantau coba hubungi orang tuamu dan coba ceritakan pada mereka ,pasti mereka akan memberikan nasehat nasehat akan masalahmu .Coba terima keadaan dan terus berusah berdamailah dengan diri sendiri dan ingat ada orang tua di kampung halaman yang berdoa setiap hari untuk kebaikan dan kebahagian mu.

mohon maaf jika ada penulisan penulis yang salah atau tidak berkenan,semoga kita anak rantau selalu dalam kedaan sehat dan bahagia,salam dan terima kasih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here