Kebiasaan Jepang Yang Dapat Kita Contoh

0
246

Siapa yang tidak mengenal negeri Sakura? Semua orang pastinya mengenal negara ini termasuk beberapa produk asal Jepang yang masuk ke Indonesia. Selain produk, karakter orang Jepang juga dinilai pekerja keras dan layak menjadi panutan kita sehari-hari.

Apa saja sih, yang bisa kita tiru sifat dari Negara Jepang yang membuat Negara kita bisa maju?

Memiliki sopan santun yang tinggi

Di Jepang memiliki kebiasaan membungkuk atau bisa kita sebut dengan Ojigi. Tradisi membungkuk sudah diajarkan sejak usia balita dan pastinya sudah turun temurun di Negara Jepang. Ketika berbincang di telpon mereka membiasakan diri untuk membungkuk walaupun tidak dapat melihat si lawan bicara. Selain dengan tradisi membungkuk, orang Jepang juga diajarkan bagaimana cara mereka selalu mengatakan permisi, meminta maaf dan juga perkenalan.

Kirin vending machine near glass display counter
source: unsplash

Disiplin

Orang Jepang memiliki kebiasaan datang selalu tepat waktu. Bagi mereka, waktu itu berharga dan uang. Maka mereka setiap berangkat kerja akan selalu tepat waktu, pergi ke sekolah bahkan ketika ada janji untuk bertemu. Jadi mereka membiasakan diri untuk selalu datang tepat waktu.

people walking on street under cloudy sky
source: unsplash

Berdedikasi

Orang Jepang jika pergi bekerja pastinya selalu berdedikasi. Karena mereka pada zaman dahulu memiliki tradisi Harakiri yaitu merobek perut sendiri oleh orang Jepang karena merasa malu dan gagal dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini memiliki dampak hingga sekarang. Mereka selalu memberikan yang terbaik dan siap menanggung resiko. Mereka terbiasa untuk selalu mentaati norma yang ada di lingkungan sosial sehingga mereka tidak segan jika mereka melanggar sesuatu tidak segan-segan untuk bertanggung jawab.

people walking on street
source: unsplash

Jujur

Hal ini sudah diajarkan dari kecil. Seperti halnya barang yang tertinggal di tempat umum, akan tetap di tempatnya tidak hilang diambil dan akan kembali ke pemilik semula atau menerima tip dalam segala bentuk.

Pekerja keras

Orang Jepang memiliki sifat pekerja keras dikarenakan jam kerja mereka tinggi dengan 2450jam/tahun dimana bagi orang Jepang jika mereka pulang cepat justru dianggap ‘tidak dibutuhkan’ didalam perusahaan.

Tingkat kerjasama yang tinggi

Orang Jepang memiliki tingkat kerjasama yang tinggi ketimbang kerja individual. Untuk klaim hasil pekerjaan juga ditujukan kepada tim daripada perorangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here