Impresi yang baik di hari pertama bekerja adalah hal yang seharusnya kita lakukan. Dan ini berhubungan dengan kita selanjutnya di tempat kerja. Setelah seleksi kita untuk bekerja, langkah selanjutnya adalah bagaimana kita tampil hari pertama kejra di perusahaan baru. Hal pertama yang dilakukan pada pertemuan pertama biasanya kita merasa takut kita akan melakukan kesalahan atau mati gaya pada saat sampai di kantor. Munculnya kebingungan yang membuat kita bagaimana tampil di hari pertama bekerja.

Pikiran-pikiran seperti ini akan menjadi momok yang membuat group dan bisa melakukan kesalahan pada hari pertama bekerja. Karena itu, penting bagi kita memberikan kesan yang baik. Berikut ada beberapa tips agar hari pertama kerja di kantor memberikan kesan yang baik.

Jaga Penampilan

Semua orang akan menilai orang berdasarkan dengan penampilan dan setelah melihat penampilan maka akan kita akan mengenal jauh. Untuk itu, memastikan diri kita dengan penampilan yang terlihat pantas, seperti rapid an juga professional.

Selalu Datang Tepat Waktu

Agar mendapatkan impresi yang baik pada saat pertama kali bekerja adalah, memastikan diri kita untuk datang lebih awal dibandingnkan dengan rekan kerja lainnya. Datang tepat waktu menjadi tolok ukur terpenting dalam membangun kesan pertama pada pertama di tempat kerja.

Perbanyak senyum dan juga sapa

selective focus photography of two women in front of computer monitor
source: unsplash

Pertama kali bekerja pastinya kita belum mengenal siapa saja rekan kerja kita. Tetapi alangkah baiknya memperbanyak senyum dan sapa kepada semua orang yang kita temui di tempat kerja. Setidaknya dengan bersikap ramah kita dapat diterima di lingkaran pekerjaan.

Memiliki inisiatif

person writing on brown wooden table near white ceramic mug
souce: unsplash

Untuk menjadi karyawan yang memberi kesan baik pada hari pertama bekerja adalah dengan memiliki inisiatif tinggi, kebanyakan karyawan menunggu perintah atasan terlebih dahulu baru mengerjakan apa yang disuruh. Sebagai orang baru, mengambil kesempatan untuk mengerjakan tanpa disuruh adalah membangun citra yang baik di tempat bekerja kita.

Kontak mata

Kontak mata seringkali dianggap sepele, tetapi dengan kontak mata bisa mempengaruhi kita saat pertama kali berbicara dengan lawan bicara kita. Jika kita berbicara dengan melakukan kontak mata dengan lawan bicara kita memiliki arti tersirat bahwa kita menghargai mereka dalam melakukan pembicaraan.

Menjadi pendengar yang baik

Selain kontak mata, ada hal yang baik selain kontak mata adalah mendengarkan apa yang rekan kerja sedang bicarakan. Dengan mendengarkan apa yang sedang mereka bicarakan menandakan kita antusias apa yang sedang mereka bicarakan. Dan ketika mereka sedang berbicara, jauhkan gadget dari hadapan kita agar kita fokus apa yang mereka bicarakan pada saat itu juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here