Diverse people using their phones

Baterai pada handphone merupakan salah satu komponen yang menjadi elemen penting dan sering dikeluhkan oleh para pengguna smatphone karena memiliki alasan baterai handphone cepat habis alias boros. Baterai dengan kapasitas besar pun para pengguna tetap mengeluh masalah yang sama. Kapasitas baterai ini tidak berpengaruh pada boros atau hematnya komponen tersebut.

Daya tahan baterai tergantung seberapa sering menggunakan smartphone. Karena sekarang ini kita seringkali susah untuk memisahkan diri dengan handphone, seperti untuk pekerjaan, chatting dan sebagainya. Penggunaan handphone terlalu sering juga bisa menyebabkan baterai handphone cepat habis.

Media sosial

Pile of 3d popular social media logos Free Photo

Pada saat ini, semua orang pengguna handphone pasti sering terus terusan menggunakan handphone hanya untuk membuka media sosial. Media sosial adalah salah satu penyumbang baterai handphone cepat habis seperti pembukaan Facebook. Karena setiap kali membuka media sosial pastinya akan membutuhkan kuota dan data pengguna yang terus menerus meminta izin mengakses segala hal dari kontak ke lokasi yang kita sekarang ini. Tidak heran jika salah satu penyumbang pemborosan baterai adalah media sosial.

Messenger

Aplikasi lainnya selain media sosial adalah aplikasi chatting seperti Whatsapp, Line, Skype dan sebagainya. Aplikasi ini juga biasanya digunakan untuk komunikasi dengan orang orang terdekat kita hingga nan jauh disana. Aplikasi ini pastinya akan selalu aktif walaupun handphone kita tidak sedang digunakan karena aplikasi ini akan menyedot kuota yang kita punya.

Streaming

Pada saat ini kegiatan yang kita gemari pada handphone adalah streaming. Kegiatan ini hanya membutuhkan aplikasi dan kuota yang menunjang. Seperti menonton video, mendengarkan musik. Tetapi justru kegiatan ini yang membuat baterai handphone kita cepat habis karena handphone kita dalam jangka pendek kita gunakan terus. Jika kita sering menggunakan aplikasi streaming ini, jangan heran jika sewaktu-waktu baterai handphone kita cepat habis.

Navigasi

Mobile with google maps

Saat ini kita tidak perlu repot lagi ketika kita ingin datang mengunjungi ke tempat yang sebelumnya belum pernah kita kunjungi karena dengan mudah dapat menggunakan GPS seperti Google Maps. Karena penggunaan aplikasi ini juga yang menyebabkan baterai handphone terkuras, karena aplikasi ini membutuhkan data seluler dan chip GPS untuk diaktifkan sehingga dapat mengunduh peta atau. Jalan yang ingin kita datangi.

Cara Membuat Baterai Handphone Tidak Cepat Boros

Ada beberapa cara yang membuat baterai handphone kita menjadi tidak cepat boros dan berikut cara yang dapat dilakukan.

  1. Atur layar ponsel tidak terlalu terang. Meredupkan cahaya handphone sehingga dapat menghemat baterai (50% sudah bisa mampu menghemat baterai)
  2. Mematikan fitur yang tidak terlalu penting, menyalakan power saving mode atau mode hemat daya pada ponsel.
  3. Menghindari menggunakan wallpaper gerak.
  4. Mengisi daya ulang secara bertahap, khusunya ponsel dengan baterai Lithium ion atau Li-ion. Hasilnya akan lebih optimal ketimbang mengisi daya hingga penuh 100%.
  5. Menghindari penggunaan power bank terlalu sering karena bisa membuat baterai handphone cepat drop.
  6. Menjauhkan ponsel dari suhu panas. Jika ponsel berada di suhu 60 derajat selama setahun, maka kapasitas penyimpanannya bisa hilang hingga 80&.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here