Setiap tahunnya HP akan dirilis setiap tahun, tidak heran jika orang memilih untuk mengganti HP baru mengikuti tren HP terkini. Hal yang mungkin sederhana, tetapi semua HP baru tidak siap untuk digunakan ketika baru dibeli. Ada beberapa lamgkah yang dilakukan agar bisa memaksimalkan fitur dari HP itu sendiri.

Menyediakan paket data untuk mengunduh

Pastinya HP baru belum semua dibekali dengan aplikasi yang kita inginkan dan tentunya belum di update. Sehingga kita harus menyiapkan data atau HP baru dikoneksikan dengan Wi-Fi untuk mendapatkan kuota mendownload aplikasi di HP baru tersebut. Sebelum untuk mengunduh aplikasi untuk HP baru, maka untuk mengisi baterai HP, mengingat HP baru selalu datang dengan baterai yang tidak penuh. Untuk memaksimalkan itu, mengisi daya HP dalam kondisi mati. Maka usahakan untuk tidak menggunakannya sama sekali, sampai baterai HP baru tersebut penuh.

Log-in Google

Hal yang pertama kali muncul pada HP baru adalah merekomendasikan untuk masuk ke akun Google. Log-in ke Google sendiri menjadi tahap awal yang wajib dilakukan, karena ini akan menyinkronkan seluruh data pengguna seperti email, kalender dan kontak. Untuk backup dan restore, pengguna bisa mendapatkan kembali data dari HP sebelumnya, yang tersimpan di akun Google. Hal ini penting karena pengguna tidak perlu mengatur HP dari awal.

Menonaktifkan bloatware

Hal selanjutnya setelah membeli HP baru adalah menonaktifkan bloatware. Bagi yang tidak mengerti bloatware merupakan aplikasi bawaan yang memakan kapasitas penyimpanan dan sesekali memperlambat kinerja HP. Aplikasi bloatware terkadang tidak bisa dihapus secara permanen, tetapi masih bisa dinonaktifkan. Menonaktifkan bloatware tidak hanya menghentikannya untuk berjalan di latar belakang, tetapi juga menghilangkannya dari app drawer.

Menginstall aplikasi baru

Pastinya hal ini wajib ketika membeli HP baru. Dengan membeli HP baru maka kebiasaan lama di HP lama secara tidak langsung harus ditinggalkan. Seperti mencoba aplikasi yang belum pernah dicoba di HP sebelumnya. Seperti aplikasi menonton, aplikasi chatting dan sebagainya.

Mengatifkan fitur keamanan

Perangkat HP pastinya akan menyimpan informasi personal yang penting, sehingga kita mengatifkan fitur keamanan di HP demi menjaga identitas dan privasi. Seperti mengatifkan PIN dank unci pola demi menjaga keamanan HP. Atau bisa juga menggunakan keamanan biometrik seperti fingerprint atau facial recognition.

Memastikan semua up-to-date

Ada beberapa HP memiliki pembaruan yang menunggu untuk pengaktifkan sistem operasi yang membawa sejumlah peningkatan di sisi tampilan UI dan performanya. Untuk mengetahui apakah HP baru tersebut membutuhkan updatean, maka bisa mengecek dengan membuka pengaturan – tentang ponsel – update sistem. Tidak lupa untuk selalu mengupdate aplikasi bawaan yang langsung dari Play Store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here