Mengaktifkan Fitur Khusus Agar Tidak Candu Pada Medsos

0
128

Melihat linimasa di Instagram, Twitter atau Facebook membuat kita lupa waktu dan kerjaan. Tetapi jika kegiatan ini sudah berlebihan dan dapat menganggu aktivitas sehari-hari, dan bisa disebut dengan gangguan mental.

Berdasarkan studi pada jurnal JAMA Pediatrics, konsumsi media sosial ternyata berkaitan dengan depresi pada remaja. Semakin sering membuka media sosial maka kemungkinan ada gejala depresi semakin parah. Dan menurut studi tersebut tiap tambahan satu jam di media sosial berpengaruh dengan meningkatkan gejala depresi. Pihak media sosial ini sudah menekankan untuk membatasi agar para pengguna bisa menyadaru berapa lama waktu yang dihabiskan untuk membuka media sosial.

Media sosial seperti Youtube, Facebook dan Juga Instagram sudah memiliki fitur pembatas waktu yang ada di aplikasi mereka.

Instagram

Pengguna Instagram bisa mengatur sendiri batas waktu untuk penggunaan media sosial mereka dan akan diberikan peringatan ketika membuka media sosial diluar batas waktu.

Cara mengaktifkan batas waktu tersebut:

  • Klik tombol profil di kanan bawah
  • Pilih your activity
  • Kemudian menetapkan daily set reminder.

Ketika anda sudah memilih untuk mengatifkan pilihan ini, maka setiap kali menuju pembatasan waktu maka akan selalu diingatkan untuk segera menutup aplikasi Instagram. Selain itu anda juga bisa melihat rata-rata harian waktu penggunaan Instagram per hari dalam satu minggu.

Facebook

Fitur ini juga hadir pada Facebook. Tetapi sedikit berbeda, disebut dengan Your Time on Facebook.

Cara mengatifkan pada Facebook:

  • Masuk kedalam aplikasi facebook dan kemudian klik “Your Time on facebook”
  • Kemudian pilih Set Daily Time Reminder dan kemudian masuk waktu yang ditentukan.

Youtube

Youtube pun juga memiliki pengatur waktu penggunaan Youtube, dan disebut dengan “Remind Me to Take a Break”

Caranya:

  • Buka aplikasi Youtube dan kemudian buka foto profil Anda
  • Kemudian settings – general dan kemudian aktifkan tombol dengan geser “Remind Me to Take a Break.”
  • Dan kemudian pilih waktu yang diinginkan.

3 media sosial tersebut memang sudah memiliki pilihan untuk pengingat penggunaan media sosial dan mengatur waktu sampai kapan menggunakan aplikasi tersebut. Tetapi itu hanya sebagai pembatas, anda pun bisa mengabaikan peringatan tersebut.

Ketika kita ingin membatasi diri penggunaan media sosial maka anda juga bisa mengontrol diri anda untuk tidak terus menerus membuka media sosial tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here