Menghindari Kejahatan di Media Sosial dan Tipsnya

0
139

Dengan majunya teknologi, maka semakin berkembangnya sosial media di tengah masyarakat. Hal ini juga dibarengi dengan kejahatan di dunia maya pun marak, dimana para korbannya tidak sadar bahwa akun mereka sedang disadap untuk mengambil data pribadinya. Sudah tercatat bahwa ada 10 sampai 15 kasus cyber crime dalam setiap detiknya. Terlebih jika itu terjadi pada diri sendiri dan sang pelaku mencuri data atau asset penting untuk penyalahgunakan data informasi tersebut. Maka dari itu, kita sebagai pengguna media sosial sudah seharusnya berhati-hati menggunakan sosial media dan berwaspada menggunakn sosial media.

Dibawah ini ada beberapa tips agar bijak dalam menggunakan media sosial dan menghindari kejahatan di dunia maya.

Tidak menggunakan data pribadi di sosial media

Ketika membuat akun pada sosial media, biasanya menyuruh kita untuk memasukkan data pribadi seperti nama, alamat sekolah, alamat tempat tinggal dan berbagai hal yang memang sengaja harus kita cantumkan. Tetapi hal sekecil ini, malah menyebabkan hal buruk yang dapat menimpa kita ketika orang lain melakukan kejahatan dengan menggunakan data kita. Sehingga hal yang harus diperhatikan adalah kita memberikan data ‘palsu’ ketika diminta di dalam sosial media seperti nama, alamat dan juga data-data penting yang dibuat ‘palsu’ agar dapat mengecohkan orang lain yang ingin melakukan kejahatan.

Ipad, Tablet, Gadget, Modern, Teknologi
pixabay

Selektif Memilih Teman

Tidak hanya di dunia nyata, tetapi di dalam media sosial kita harus selektif memilih teman. Tidak sembarang kita memfollow back di media sosial tanpa melihat dulu profil yang mereka cantumkan di media sosial. Kita juga harus waspada dengan teman yang menyebarkan link pada saat sudah berteman. Bisa saja disaat kita mengunjungi link tersebut maka akun kita akan disadap oleh mereka.

Memperkuat password

Selain itu, cara meningkatkan perlindungan pada media sosial kita adalah dengan memperkuat password. Kita bisa mengganti password kita dengan kombinasi angka dan huruf unik yang tidak mudah tertebak oleh orang lain. Dan sebaiknya tidak menggunakan sandi yang sama setiap akun yang kita miliki sehingga bisa saja memudahkan orang lain menghack akun kita.

Backup data menggunakan Google Contacts

Dengan adanya aplikasi ini, memudahkan kamu mencadangkan kontakmu yang ada di handphone. Dengan aplikasi ini, kamu dengan mudah menyalin akun dan kontak yang ada di handphonemu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here