Sekarang ini semua orang pastinya memiliki WhatsApp, aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling populer dan digunakan oleh banyak orang setiap harinya. Tidak jarang pengguna mengandalkan beragam fitur canggih milik WhatsApp untuk beragam keperluan.

Karena sering dan sudah banyaknya orang menggunakan aplikasi, tidak heran jika aplikasi dijadikan ajang kejahatan oknum tidak bertanggung jawab. Kejahatan ini bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Tidak menutup kemungkinan media apa saja bisa dipakai untuk aksi kejahatan termasuk aplikasi WhatsApp. Kejahatan yang menggunakan aplikasi atau media sosial disebut dengan cyber crime. 

Bagaimana cara dapat terhindar dari penipuan online? Simak dibawah ini. 

Memperketat keamanan akun WhatsApp

Pengaturan privasi WhatsApp bisa kita ubah siapa yang bisa melihat profil, kapan terakhir online, status, centang biru dan masih banyak yang dilakukan untuk mengamankan WhatsApp kita. Dengan seperti ini kita bisa mengatur privasi kita. Untuk keamanan grup sendiri, WhatsApp akan memberikan tiga pilihan untuk kontak kita, kontak saya kecuali dan semua orang.

Man holding a smartphone with open  whatsapp on the screen. Premium Photo
source: freepik

Menerapkan verifikasi dua langkah

Hal ini bisa menjaga keamanan WhatsApp kita seperti melakukan verifikasi dua langkah yang berada di menu pengaturan WhatsApp, ada pilihan untuk memilih verifikasi dua langkah, kemudian disetujukan. 

Tidak mudah ditawari iming iming 

Pastinya penipu memiliki berbagai banyak cara untuk melakukan penipuan. Biasanya target penipuan akan ditawari uang atau hadiah yang dapat diambil melalui website atau menghubungi nomor telpon yang sudah disediakan oleh para penipu. Maka dari itu, harus selektif dalam memilih pesan yang masuk ke dalam WhatsApp kita. Kita juga bisa membaca bagaimana penulisan mereka pada saat memberikan pesan, mengirimkan tautan link, pesan mendapatkan hadiah berupa uang berjuta rupiah. Jika mendapati pesan seperti itu, sebaiknya dihindari dan mengabaikan pesan tersebut. Jangan membuka link yang mereka berikan, jangan pernah tergiur yang mereka berikan. 

Female hand using mobile phone and holding whatsapp block
source: freepik

Memperhatikan Akun / Profil WhatsApp

Penipuan pada saat ini, memiliki banyak cara untuk mengelabui para korban. Seperti memakai foto profil teman kita, menggunakan display nama yang kita kenal. Untuk menghindari penipuan, kita sebaiknya berhati-hati menghindari ini. Pertama kali untuk mengecek nama dan cara pengetikan mereka, biasanya para penipu dalam pengetikan akan berbeda dengan ketikan dan ejaan teman-teman terdekat kita. Mengecek nomor yang digunakan, jika nomor asing sebaiknya untuk tidak langsung percaya bahwa mereka adalah orang terdekatmu. 

Membeli barang online pada toko yang terpercaya

Tentunya akal para penipu lebih pintar dan banyak akal. Maka dari itu, salah satu hal ini kita juga harus berhati-hati. Ketika kita ingin membeli barang melalui online, sebaiknya kita melihat toko tersebut terpercaya atau tidak. Penipu memiliki akal dalam belanja online, mereka pastinya juga memiliki banyak followers, testimonial pelanggan. Maka dari itu, kita harus lebih pintar daripada para penipu tersebut. Mengecek setiap barang yang di posting di akun tersebut, harga yang dijual membandingkan dengan poduk yang sama di toko online shop lain, meminta testimoni langsung kepada para pembeli yang membeli barang di toko tersebut. Berbelanja melalui online shop tidaklah susah dan juga tidaklah susah, untuk itu kita juga harus pintar membeli produk. Meminta testimoni dari penjual pun juga harus kita lakukan untuk menghindari kita dari penipuan online. 

Menghindari pembayaran melalui WhatsApp

Sebagian besar online shop jika membeli barang sudah pastinya mengarahkan kita bertanya-tanya masalah barang atau membeli barang akan diarahkan melalui WhatsApp. Tanpa basa-basi, mereka akan pastinya nomor rekening dan juga alamat yang akan dikirimkan barang yang kita inginkan. Selain itu, para penipu juga akan mengaku-ngaku barang kita sudah dikirimkan ke alamat kita padahal kita tidak pernah mendapat barang dari online shop tersebut. Sebelum melakukan pembelian, memastikan nomor rekening yang mereka berikan, apakah benar mereka penipu atau bersih dari penipuan. Dengan majunya teknologi sekarang ini, semua dipermudah untuk mendapatkan korban penipuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here