Banyak sekali orang yang bergantung dengan teknologi, termasuk teknologi komputer, banyak dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa menggunakan komputer untuk kebutuhannya masing-masing, contoh anak-anak menggunakan komputer untuk tugas sekolah, bermain, mencari tau informasi hingga untuk mencari hiburan semata, sedangkan kebanyakan orang dewasa menggunakan komputer untuk berkerja, mencari hiburan, informasi berupa pengetahuan umum maupun berita.

Tetapi banyak dari kita yang bermasalah dengan virus di komputer, oleh sebab itu inilah beberapa tips yang bisa dicoba agar kita dapat mencegah virus yang menyerang komputer kita.

  1. Pastikan Sistem Operasi Yang Anda Gunakan Selalu Terbarui

Sebagian besar virus yang menyerang komputer berasal dari lemahnya proteksi yang ada di sistem operasi karena tidak terbarui, untuk mengatasi ini kita bisa menggunakan antivirus yang sudah teruji kemampuannya, ataupun dengan antivirus bawaan sistem operasi seperti Windows Defender di sistem operasi Windows, dengan syarat selalu memperbarui antivirus yang kita gunakan. Dengan begitu komputer kita dapat lebih kuat untuk menahan serangan virus.

  1. Teliti Dalam Memasang Aplikasi dan Membuka E-Mail

Selanjutnya adalah bagaimana kita mengontrol diri untuk tidak memasang aplikasi yang tidak tahu pengembangnya, banyak aplikasi berembel “mempercepat komputer” yang disisipi virus berupa malware ataupun sejenisnya yang tugasnya menyadap data pribadi maupun menyadap komputer itu sendiri, sebagai contoh ketika kita pertama membuka aplikasi browser langsung tampil iklan ataupun mesin pencari yang tidak kita kenal, bahkan dengan bahasa negara lain, jika ini terjadi itu berarti komputer yang kita gunakan terkena virus. Lalu bagaimana cara menghapusnya? Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih virus seperti produk Kaspersky, Norton, Malwarebytes, Windows Defender ataupun aplikasi lain yang sudah teruji. Disarankan untuk mencari kebenaran dari aplikasi untuk menghindari aplikasi palsu yang disisipi virus. Lalu bagaimana cara virus menyerang melalui E-Mail? Virus di sebar melalui email yang mencurigakan, seperti memberi intruksi kita untuk membuka tautan (link) maupun berupa sisipan email (attachment), metode penyebaran ini sangat berbahaya dan sangat merepotkan jika anda sebagai orang yang tidak mengetahui efek nya. Komputer yang membuka sisipan ataupun tautan tersebut akan langsung terenkripsi dalam beberapa saat, dan ada juga yang membuat akun email otomatis menjadi “spammer” atau penyebar email bervirus tanpa kita ketahui. Lalu bagai mana cara menanganinya? Cara yang paling ampuh adalah memastikan pengirim email dan isi email, apakah sesuai dengan kepentingan antara anda dan si pengirim email. Dan menghindari membuka sisipan dengan ekstensi yang tidak anda ketahui, seperti namafile.js namafile.bat ataupun ekstensi yang lainnya yang tidak seharusnya.

  1. Menghindari Transfer Data Dari Penyimpanan Fisik

Yang Ketiga, hindari transfer data menggunakan flashdisk atau harddisk dari sumber lain. Sebagai penggantinya transfer data menggunakan cloud seperti Google Drive, Dropbox dan penyimpanan cloud lainnya. Karena dibeberapa penyimpanan cloud sudah di berikan proteksi pencegah file yang berpotensi sebagai virus, cara ini lumayan ampuh untuk menjaga agar komputer tetap aman dari serangan virus.

  1. Hidari Penggunaan Open VPN

Banyak kasus yang ditemukan virus salah satunya pengguna menggunakan Open VPN dengan sumber yang tidak kita ketahui, hampir di semua aplikasi VPN gratis menyisipkan iklan di aplikasinya bisa disebut itu sebagai adware, dan itu sangat mengganggu aktivitas kita ketika berkerja, beberapa VPN juga ada yang menyisipkan tracker, yang fungsinya untuk mendapatkan data aktivitas kita dan dapat dijual ke pihak lain. Dan yang sangat berbahaya adalah orang penengah dari VPN yang kita pakai, atau bisa disebut “Hacker” ini dapat mengambil semua data yang ada dikomputer kita, bahkan bisa mengakses komputer kita.

  1. Menggunakan Private Network

Yang terakhir, jika kita berada di kantor atau tempat tertentu yang menggunakan jaringan komputer melalui wifi ataupun kabel yang perlu diperhatikan adalah mengubah mode jaringan public menjadi private, terutama jika komputer kita pernah membagikan file dan lupa untuk mematikan fitur bagi file (sharing folder), sangat rentan untuk disisipi file bervirus ataupun terkena virus melalui jaringan. Untuk itu ketika kita sedang terkoneksi dengan suatu jaringan di tempat lain sangat dianjurkan mengubah mode jaringan ke private, untuk mengcegah komputer bervirus mencoba menyerang komputer kita.

Itulah 5 tips agar mencegah komputer kita dari ancaman virus, kita harus menggunakan komputer secara sehat. Bisa dibilang komputer kita adalah cerminan apa yang ada di diri kita. Untuk itu kita harus merawat komputer dan memperbarui semua sistem yang ada dikomputer agar tetap berjalan dengan normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here