Sekarang ini di Indonesia sudah mau memasuki musim panas, yang pastinya musim panas yang panjang ini tidak hanya membutuhkan Air Conditioner (AC) atau kipas angin, tetapi juga harus memiliki pasokan air di rumah ketika kita berkeringat mengingat melakukan aktivitas di luar ruangan. Tubuh akan terasa lengket dan gerah dan bisa saja karena terlalu panas akan merasa cepat marah.

Kita juga juga tidak bisa menyalahkan musim panas karena di negara kita ini hanya memiliki dua musim saja. Tapi bukan berarti kita hanya berdiam diri karena ingin menunggu cuaca hujan.

Kita juga bisa membuat rumah kita tetap sejuk dengan cara yang mudah dan sederhana.

Mengurangi penggunaan alat elektronik

Alat elektronik di dalam rumah seperti televisi, computer, laptop pastinya mengeluarkan hawa panas dikala sedang digunakan. Di dalam rumah hawa panas akan terkurung sehingga menyebabkan suhu rumah lebih panas. Oleh karena itu kita juga harus bisa mengurangi penggunaan alat elektronik yang menjadi salah satu cara rumah agar tetap sejuk. Gunakan barang barang elektronik disaat dibutuhkan.

Menutup jendela menggunakan tirai

Kegunaan tirai adalah menghalau sinar matahari masuk yang masuk melalui jendela. Keberadaan tirai ini menjadi penting agar rumah tetap sejuk. Sebaiknya, tutup semua jendela dengan tirai disaat musim panas. Cara tradisional ini sangat ampuh mengurangi suhu panas di dalam rumah.

Melapisi kaca dengan kaca film

Salah satu cara agar rumah tetap sejuk adalah dengan memakai kaca film. Memilih kaca film sesuai dengan kebutuhan kita yang dapat memfilter sinar matahari sebelum menembus masuk ke dalam rumah. Saat ini sudah banyak kaca film yang memiliki konsep yang lebih ramah lingkungan, sehingga matahari masuk ke dalam ruangan tetap dapat dibuat maksimal penerangannya tanpa membuat ruangan menjadi panas.

Perbanyak tanaman hijau

Sekarang ini, sudah banyak orang orang memperbanyak tanaman hijau didalam rumah untuk mengurangi pemanasan global. Karena tanaman hijau, sudah dapat dipastikan ruangan yang ada di dalam rumah akan membuat lebih sejuk. Kita juga bisa menggunakan tanaman dalam pot sebagai pengganti pohon yang rindang, jika tidak mempunyai halaman yang luas. Fungsi tanaman ini sendiri adalah sebagai penghijauan dan memberikan sejuk pada ruangan, adalah juga bermanfaat sebagai pemasok oksigen yang berguna bagi kita.

Menjaga sirkulasi udara di rumah

Rumah akan terasa panas jika tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Rumah akan terasa pengap dan akan mudah merasa gerah. Oleh karena itu, sirkulasi udara adalah hal yang selalu dijaga. Agar rumah tetap memiliki sirkulasi yang baik adalah dengan membuat langit-langit rumah yang tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here