Sebagian orang, keberadaan lampu tidur di kamar adalah hal yang penting. Lampu cahaya remang ini membantu mereka yang sulit tidur atau susah tidur dengan keadaan gelap. Lampu ini juga sering digunakan untuk dekorasi mempercantik kamar tidur.

Tetapi, dibalik semua itu ada beberapa manfaat yang didapat dari kita menggunakan lampu disaat kita tidur. dibawah ini dapat dipaparkan beberapa manfaat yang didapatkan.

Meningkatkan kualitas tidur

Dengan menggunakan lampu, maka membantu kita lebih nyenyak dan berkualitas dibandingkan dengan tidur menggunakan lampu terang. Relaksasi yang didapat menggunakan lampu tidur dapat bekerja lebih optimal sehingga bisa mengurangi tingkat stress.

Baik untuk kesehatan tubuh

Dilansir dari Rooang, tidur dengan cahaya yang minim maka dapat memaksimalkan upaya detoksfikasi yang dilakukan oleh tubuh. Kinerja tubuh juga dapat membersihkan toksin jahat menjadi lebih optimal. Dengan cahaya yang minim maka produksi hormon melatonin dalam tubuh berfungsi sebagai kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit dapat bekerja dengan optimal.

Meminimalisir risiko berbagai penyakit

Tidur dengan lampu menyala dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti kanker, obesitas hingga penyakit mental seperti depresi. Salah satu fakotrnya adalah dengan adanya paparan cahaya. Hal ini bisa diminimalisir dengan menggunakan lampu tidur. adanya lampu ini dapat membantu paparan cahaya lebih minim diterima tubuh pada malam hari.

Mengurangi konsumsi listrik pada malam hari

Tidak hanya mengurangi biaya bulanan, tetapi juga mengurangi global warming yang saat ini semakin terasa. Untuk mengurangi pemakaian listrik pada malam hari, maka cari lampu yang membutuhkan listrik lebih sedikit dibandingkan dengan lampu biasa.

Menciptakan suasana hangat agar lebih nyaman

Cahaya lampu tidur dibagi menjadi dua, yang pertama cahaya hangat (warm) dan cahaya dingin (cool). Biasanya lampu yang digunakan pada siang hari adalah lampu dengan cahaya yang dingin (cool). Hal ini juga dibedakan penggunaan lampu pada saat kita tidur menggunakan lampu bewarna kuning yang memaparkan redup yang hangat. Dengan pencahayaan hangat ini kita tertidur akan hangat dan juga nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here